Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Distribusi Vaksin Covid-19 Hingga ke Papua, Saham KAEF Melejit 22 Persen

Kimia Farma telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan produsen vaksin Sinopharm untuk impor 7,5 juta dosis pada program Vaksin Gotong Royong. 
Kantor Pusat PT Kimia Farma Tbk. di Jalan Veteran, Jakarta Pusat./kimiafarma.co.id
Kantor Pusat PT Kimia Farma Tbk. di Jalan Veteran, Jakarta Pusat./kimiafarma.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Saham PT Kimia Farma Tbk. (KAEF) melejit 22,32 persen ke level Rp2.850 hingga pukul 10.20 WIB pada Senin (21/6/2021), di saat indeks harga saham gabungan (IHSG) mengalami koreksi 1,36 persen.

Seperti diketahui, PT Kimia Farma Diagnostika sebagai cucu emiten bersadi KAEF tersebut yang merupakan bagian dari holding farmasi menangani pendistribusian dan penyuntikan vaksin sampai ke wilayah timur Indonesia, yaitu ke lokasi Kilang Tangguh LNG yang dioperasikan BP Indonesia di Teluk Bintuni, Papua Barat.

Kegiatan vaksinasi tersebut merupakan bagian dari program Vaksinasi Gotong Royong yang sebelumnya diresmikan Presiden Jokowi pada 18 Mei 2021 lalu. Vaksinasi di Kilang Tangguh LNG telah berlangsung sejak Minggu, 13 Juni 2021 dan terus berlangsung hingga saat ini.

Manajemen KAEF menyatakan, tim Kimia Farma Diagnostika akan melayani sekitar 14.000 karyawan BP Indonesia sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) pertama di wilayah timur Indonesia yang mendapatkan alokasi Vaksin Gotong Royong.

Adapun Kimia Farma telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan produsen vaksin Sinopharm untuk impor 7,5 juta dosis pada program Vaksin Gotong Royong. 

Program vaksinasi yang diperuntukkan bagi karyawan dan buruh perusahaan ini merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, yang didukung berbagai pihak termasuk PT Bio Farma (Persero) dan anak usahanya, Kimia Farma. BUMN di sektor farmasi ini akan menjadi mitra Kadin dalam pendistribusian dan penyuntikan Vaksinasi Gotong Royong.

Sekretaris Perusahaan Kimia Farma Ganti Winarno sebelumnya menjelaskan, kedatangan vaksin akan bertahap. Distribusi Vaksin Gotong Royong dialokasikan dengan menyesuaikan ketersediaan vaksin saat ini.

Namun, dia memastikan Kimia Farma terus mempersiapkan diri menyukseskan vaksinasi Gotong Royong baik dari sisi kesiapan rantai dingin di seluruh Indonesia juga sarana dan prasarananya, termasuk SDM kesehatan untuk implementasi vaksinasi Gotong Royong. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper