Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadi Mitra Distribusi SBR010, Commonwealth Bank Sasar Nasabah Deposito-Minded

SBR10 memiliki tingkat suku bunga floating with floor sehingga ketika tingkat suku bunga naik, besarnya kupon akan disesuaikan sehingga investor tidak perlu takut berinvestasi di era tingkat suku bunga rendah seperti sekarang.
Nasabah mengambil uang tunai di anjungan tunai mandiri, di Jakarta, Sabtu (10/6)./JIBI-Endang Muchtar
Nasabah mengambil uang tunai di anjungan tunai mandiri, di Jakarta, Sabtu (10/6)./JIBI-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Commonwealth menjadi salah satu mitra distribusi penjualan surat berharga negara (SBN) ritel seri SBR010. Perseroan pun menargetkan nasabah penyuka deposito sebagai target seiring kupon SBR010 yang kompetitif dibandingkan deposito.

Chief of Retail & SME Business Commonwealth Bank Ivan Jaya menuturkan, dibandingkan dengan obligasi pemerintah dengan tenor 2 tahun yang memiliki yield sekitar 4,40 persen, SBR dengan kupon floating 5,10 persen memberikan spread premium.

“Sehingga menarik untuk dikoleksi oleh investor,” tuturnya, Jumat (18/6/2021)

Lebih lanjut dia menuturkan, SBR10 memiliki tingkat suku bunga floating with floor sehingga ketika tingkat suku bunga naik, besarnya kupon akan disesuaikan sehingga investor tidak perlu takut berinvestasi di era tingkat suku bunga rendah seperti sekarang.

Menurutnya, kekurangan SBR010 adalah hanya dapat dicairkan setelah holding period 1 tahun dengan jumlah maksimal 50 persen dan sisanya menunggu hingga jatuh tempo sehingga kurang likuid dibanding deposito.

Dia membandingkan dengan SBN Ritel seri ORI dan SR yang memberikan tingkat kupon yang tetap, sehingga kekurangannya adalah apabila tingkat suku bunga naik maka dapat memberikan pengaruh ke harga ORI/SR di pasar sekunder.

Meskipun demikian, Ivan memperkirakan tingkat penyerapan SBN Ritel kali ini bisa lebih tinggi dibandingkan dengan seri sebelumnya, mengingat SBR010 diterbitkan di era suku bunga rendah yang mana suku bunga deposito cenderung turun.

“Dengan tenor sekitar 2 tahun dan nilai principal terjaga ketika melakukan early redemption dan jatuh tempo maka dapat menyasar ke nasabah yang deposit minded,” ujar Ivan.

Dia menambahkan, untuk mendampingi dan memudahkan nasabah dalam berinvestasi, Commonwealth Bank mengadakan Market Update secara virtual untuk memberikan update informasi terkini mengenai investasi.

“Kami memberikan update informasi terkini mengenai investasi melalui CommBank SmartWealth. Kami juga menyediakan pembelian SBR10 melalui fitur transaksi di aplikasi CommBank SmartWealth sehingga nasabah dapat bertransaksi secara nyaman kapan pun dan di mana pun,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper