Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sucaco (SCCO) Siapkan Capex Rp30 Miliar

Direktur Sucaco Nicodemus Marjopranoto Trisnadi menyebutkan belanja modal tersebut berasal dari dana internal perseroan.
Kabel produksi Sucaco (SCCO)
Kabel produksi Sucaco (SCCO)

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten kabel PT Supreme Cable Manufacturing & Commerce Tbk. atau Sucaco menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) mencapai Rp30 miliar untuk mengembangkan bisnis tahun ini.

Direktur Sucaco Nicodemus Marjopranoto Trisnadi menyebutkan belanja modal tersebut berasal dari dana internal perseroan.

Dana tersebut nantinya diperuntukkan untuk memenuhi spesifikasi baru kabel high voltage atau kabel bertegangan tinggi dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

“Untuk tahun ini capex perseroan kurang lebih Rp30 miliar, yang rencananya dialokasikan untuk memenuhi spesifikasi baru kabel high voltage dari pln. Dananya sendiri bersumber dari dana internal,” jelas Nicodemus melalui acara public expose perseroaan yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (8/6/2021).

Lebih lanjut Direktur Sucaco Teddy Rustadi menjelaskan capex yang dikeluarkan emiten berkode saham SCCO tersebut adalah untuk ekspansi kapasitas produksi, khususnya pada kabel bertegangan tinggi.

Teddy mengungkapkan capex atau yang disebutnya sebagai investasi perseroan tersebut kurang lebih untuk peralatan produksi permesinan.

SCCO memaparkan bahwa selama tahun 2020, penjualan berdasarkan segmen usaha kabel tersebut masih didominasi dengan 79,29 persen berasal dari produk kabel listrik.

Lalu dengan persentase yang berbeda tipis, diikuti dengan produk kawat enamel 10,55 persen, dan kabel telekomunikasi 10,16 persen.

Teddy pun mengungkapkan bahwa pada tahun ini perseroan cukup realistis untuk tidak meningkatkan kapasitasnya. Pandemi Covid-19 menurutnya cukup membawa tekanan bagi perseroan baik pada tahun 2020 maupun 2021.

Dia mencontohkan bahwa banyak proyek PLN yang merupakan salah satu pelanggan dari emiten tersebut yang menunda proyeknya, sehingga perseroan pemasok kabel ini pun turut terdampak.

“Kita cukup realistis untuk tidak begitu saja menambahkan kapasitas kita. Jadi kalau ditanyakan peningkatan kapasitas dalam artian kuantitas, belum ada sekarang ini,” ujar Teddy. 

Lebih lanjut, Teddy menjelaskan capex yang diputuskan oleh perseroan itu sifatnya tidak menambah kuantitas. Namun untuk mengembangkan kemampuan ragam produknya saja yang akan ditingkatkan ujarnya.

Walaupun menghadapi kendala pandemi Covid-19, perseroan tetap menargetkan peningkatan penjualan dan laba bersih pada tahun ini dibandingkan dengan tahun 2020. Namun tidak melebihi pendapatan dan laba sebelum pandemi.

SCCO menargetkan penjualan dan laba bersih segmen usaha kabel masing-masing sebesar Rp4,7 triliun dan Rp349,8 miliar.

Angka tersebut sedikit lebih meningkat dibandingkan penjualan dan laba bersih pada tahun lalu yang membukukan masing-masing Rp4,62 triliun dan Rp237,88 miliar.

Sementara pada tahun 2019, perseroan mampu mencatatkan pendapatan sebesar Rp5,70 triliun. Sedangkan laba 24,53 lebih tinggi dari tahun 2020 yaitu sebesar Rp315,22 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper