Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trafik Pengunjung Mal Pakuwon (PWON) Naik, Simak Proyeksi JP Morgan

Pakuwon Jati akan menurunkan diskon sewa sekitar 5 persen per bulan mulai Mei 2021 hingga kembali ke level normal pada kuartal IV/2021.
Mal Kota Kasablanka, salah satu pusat perbelanjaan yang dimiliki PT Pakuwon Jati Tbk./pakuwonjati.com
Mal Kota Kasablanka, salah satu pusat perbelanjaan yang dimiliki PT Pakuwon Jati Tbk./pakuwonjati.com

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten properti PT Pakuwon Jati Tbk. diproyeksikan menjadi salah satu perusahaan yang diuntungkan ketika terjadi pemulihan ekonomi pascapandemi.

Pendapatan berulang yang berkontribusi lebih dari 50 persen terhadap top line perseroan dipastikan bangkit seiring dengan masyarakat dapat kembali beraktivitas di luar rumah.

Hal itu disampaikan Analis J.P. Morgan Sekuritas Indonesia Henry Wibowo dan Arnanto Januri dalam riset terbaru yang dipublikasikan lewat Bloomberg setelah bertemu dengan manajemen Pakuwon Jati.

Adapun, pengelola sejumlah pusat perbelanjaan termasuk Mal Kota Kasablanka ini berencana mengurangi diskon sewa di properti investasinya setelah mempertimbangkan trafik pengunjung mal yang mulai naik dalam beberapa bulan terakhir.

Emiten dengan kode saham PWON ini akan menurunkan diskon sewa sekitar 5 persen per bulan mulai Mei 2021 hingga kembali ke level normal pada kuartal IV/2021. Adapun, PWON masih mempertahankan diskon sewa di pusat perbelanjaan kelolaannya sebesar 40 persen sampai dengan April.

"PWON masih menawarkan diskon sewa rata-rata 40 persen di mal Jakarta dan Surabaya per April 2021, tapi akan menurunkan diskon itu sekitar 5 persen per bulan mulai Mei,” tulis Henry dan Arnanto, dikutip Senin (7/6/2021).

Selain itu, manajemen PWON juga masih membuka peluang untuk melakukan merger dan akuisisi (M&A) untuk menambah portofolio properti investasi.

Pada kuartal terakhir tahun lalu, Pakuwon Jati membeli Hartono Mall Yogyakarta, Hotel Marriott Yogyakarta, dan Hartono Solo Baru senilai total Rp1,35 triliun.

PWON pun akan menggelontorkan sekitar Rp100 miliar untuk renovasi Hartono Mall Yogyakarta dan Hartono Solo Baru tahun ini. Renovasi itu diharapkan dapat meningkatkan area yang dapat disewakan serta menambah ragam penyewa.

Selanjutnya, manajemen PWON berencana meningkatkan tingkat sewa di dua mal tersebut sekitar 20 persen hingga 30 persen pada 2022 dari level saat ini Rp100.000 per meter persegi.

Melihat potensi pemulihan recurring income dan tren positif penjualan properti tahun ini, J.P. Morgan Sekuritas mempertahankan rekomendasi overweight untuk saham PWON dengan target harga Rp660.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper