Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Centratama (CENT) Siapkan Capex Hingga Rp1,25 Triliun, Untuk Apa Saja?

Belanja modal tersebut akan diambil dar kas internal ditambah pinjaman perbankan.
Logo Centratama Group/centratamagroup.com
Logo Centratama Group/centratamagroup.com

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten menara telekomunikasi PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk. menganggarkan belanja modal atau capital expenditure senilai Rp1 triliun - Rp1,25 triliun untuk mengembangkan bisnis tahun ini.

Sekretaris Perusahaan Centratama Telekomunikasi Wiwik Septriandewi mengatakan capex tersebut akan diambil dar kas internal ditambah pinjaman perbankan.

Adapun, emiten dengan kode saham CENT ini telah mendapatkan fasilitas pinjaman sindikasi senilai Rp5,7 triliun pada Februari 2021. Pinjaman itu akan digunakan untuk pembayaran kembali (refinancing) pinjaman sebelumnya dan untuk pengembangan bisnis.

“Capex antara Rp1,0 triliun hingga Rp1,25 triliun,” kata Wiwik kepada Bisnis, Jumat (4/6/2021).

Pada tahun ini, CENT disebut berkomitmen mempertahankan dan memelihara seluruh menara yang dimiliki beserta para tenant yang sudah ada.

Selain itu, perseroan juga akan mengembangkan jaringan dan layanan fiber optik dalam rangka mendukung bisnis menara telekomunikasi, DAS, dan internet.

Hingga akhir kuartal I/2021, CENT melaporkan sudah memiliki 4.712 menara dengan sejumlah 7.687 penyewa. Dengan demikian, tenancy ratio tercatat sebesar 1,63 kali.

Sementara itu, perseroan juga sudah membentangkan fiber optik sepanjang 169,2 kilometer yang terletak di wilayah Jabodetabek, Medan, Makassar, dan lainnya.

Dalam perkembangan terpisah, perusahaan yang dimiliki oleh Grup Northstar lewat Clover Universal Enterprise Ltd. ini sebelumnya menunda rencana penambahan modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue hingga semester II/2021.

Direktur Utama Centratama Yan Raymond Jafri mengatakan perseroan berencana menunda proses pelaksanaan Penawaran Umum Terbatas (PUT) IV.

“Perseroan dan pemegang saham memutuskan menunda proses pelaksanaan PUT IV ini dengan mempertimbangkan kesempatan dan alternatif pendanaan yang tersedia,” tulis Yan dalam keterbukaan informasi.

Dengan beberapa alternatif untuk pengembangan dan pertumbuhan usaha perseroan itu, emiten dengan kode saham CENT ini akan mengevaluasi kembali rencana PUT IV pada semester II/2021.

Adapun, CENT telah mengantongi restu pemegang saham untuk melakukan rights issue dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 15 Maret 2021.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper