Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangun Data Center, EDGE Suntik Modal Anak Usaha Rp350 Miliar

Indointernet, emiten milik Toto Sugiri ini menyuntik modal ke anak usaha untuk menunjang pengembangan usaha yang selanjutnya dapat meningkatkan pendapatan dan laba.
Jajaran Komisaris dan Direksi PT Indointernet Tbk. (EDGE), yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia pada Senin (8/2/2021). /Istimewa
Jajaran Komisaris dan Direksi PT Indointernet Tbk. (EDGE), yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia pada Senin (8/2/2021). /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten di bidang jasa penyedia internet, PT Indointernet Tbk., melakukan penyertaan modal saham pada entitas usahanya PT Ekagrata Data Gemilang senilai Rp350 miliar.

Berdasarkan keterbukaan informasi perseroan, emiten berkode saham EDGE itu melakukan penambahan modal dalam Ekagrata Data Gemilang (EDG) senilai Rp350 miliar atau setara 350.580 saham.

Mengacu laporan keuangan perseroan, total nilai ekuitas EDGE sekitar Rp928,2 miliar. Dengan demikian, total nilai transaksi mencerminkan 37,705 persen dari nilai ekuitas perseroan dan merupakan transaksi material.

Adapun, EDG merupakan anak usaha perseroan yang bergerak di bidang bidang aktivitas hosting, dimana salah satu fokus dari kegiatan usaha EDG adalah pembangunan pusat data.

Sebelum penyertaan modal itu perseroan telah menggenggam 99,83 persen dari total modal ditempatkan dan disetor EDG.

Manajemen Indointernet menjelaskan bahwa penyertaan modal itu seiring dengan pembangunan Edge Data Center oleh perseroan melalui EDG yang hingga saat ini masih dalam proses.

Pengembangan tersebut sesungguhnya telah menggunakan dana hasil IPO perseroan pada awal tahun ini yang telah dilaporkan tertanggal 1 Maret 2021. 

“Namun, EDG masih memerlukan tambahan modal dari pemegang saham untuk keperluan pembangunan Edge Data Center dan pengembangan Data Center selanjutnya,” tulis manajemen Indointernet dikutip dari keterbukaan informasinya, Kamis (3/6/2021).

Manajemen juga menjelaskan transaksi setoran modal pada EDG, tidak berpengaruh terhadap kondisi keuangan perseroan karena dana setoran modal tersebut berasal dari hasil kinerja perseroan.

Setoran modal tersebut tidak menyebabkan perubahan pada posisi keuangan Perseroan secara konsolidasian.

Di sisi lain, peningkatan setoran modal EDG dapat menunjang pengembangan usaha entitas anak yang selanjutnya dapat meningkatkan pendapatan dan laba EDG, termasuk perseroan di masa yang akan datang.

Untuk diketahui, EDGE melantai di Bursa Efek Indonesia pada 8 Februari 2021. Dalam aksi IPO, EDGE menggalang dana segar Rp595,97 miliar. 

EDGE merupakan perusahaan solusi digital di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang didirikan pada 1994 oleh Toto Sugiri.

Toto Sugiri adalah figur senior di dunia TI nasional yang saat ini juga menjabat sebagai Direktur Utama PT DCI Indonesia Tbk. (DCII), emiten yang juga baru melantai bursa pada awal tahun ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Finna U. Ulfah
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper