Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup Lippo Multipolar (MLPL) Akui Miliki Saham Ruangguru

Saat ini MLPL memang telah menaruh dana pada sejumlah perusahaan teknologi, termasuk Ruangguru, platform pembayaran OVO, Klinik Pintar, dan beberapa perusahaan lain.
Direktur Utama Ruangguru Adamas Belva Syah Devara dan Direktur Produk dan Kerjasama Ruangguru Muhamad Isman Usman
Direktur Utama Ruangguru Adamas Belva Syah Devara dan Direktur Produk dan Kerjasama Ruangguru Muhamad Isman Usman

Bisnis.com, JAKARTA — Platform edukasi teknologi (edutech) Ruangguru resmi menjadi salah satu portofolio emiten Grup Lippo, PT Multipolar Tbk. (MLPL).

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Chief Business Development and Investor Relations Multipolar Agus Arismunandar dalam paparan publik virtual, Selasa (25/5/2021). Namun, dia tak mengungkap berapa besaran investasi yang ditanamkan di platform besutan Belva Devara tersebut.

“Betul kami punya investasi di Ruangguru. Saat ini kita belum bisa berikan informasi nilai investasinya,” kata Agus dalam sesi tanya jawab.

Menurutnya, Multipolar sebagai perusahaan investasi telah membangun kompetensi dalam melihat dan berinvestasi pada perusahaan-perusahaan yang dianggap sesuai dengan strategi perseroan ke depannya.

“Ini akan menjadi core kompetensi di tahun-tahun berikutnya,” imbuhnya.

Agus menuturkan, saat ini perseroan memang telah menaruh dana pada sejumlah perusahaan teknologi, termasuk Ruangguru, platform pembayaran OVO, Klinik Pintar, dan beberapa perusahaan lain.

Dia mengaku belum dapat memberikan informasi secara lebih terperinci karena sebagian besar investasi yang dilakukan masih dalam tahap pengembangan, tahap startup, serta tahap merger dan akuisisi.

Adapun, dalam surat tanggapan yang dikirimkan perseroan kepada otoritas Bursa, MLPL membantah pemberitaan yang menyebutkan perseroan telah menyuntikkan dana hingga Rp700 miliar kepada Ruangguru.

“Perseroan melalui PT Nusa Jaya Cipta, anak perusahaan perseroan, telah berinvestasi di Ruangguru senilai kurang lebih Rp21 miliar dengan persentase kepemilikan sampai saat ini sebesar 3,38 persen,” tulis Agus dalam surat bertanggal 25 Mei 2021 itu.

Dalam surat yang sama, Agus menjelaskan bahwa saat ini perseroan bukan merupakan pihak pengendali dari Ruangguru dan tidak ada pihak dari perseroan yang menjabat sebagai pihak manajemen kunci di platform edutech tersebut.

Adapun, untuk rencana 2 tahun ke depan dia menyebut MLPL masih akan terus melakukan evaluasi secara teratur atas setiap investasinya untuk mengkaji peluang monetisasi ataupun penambahan investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper