Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penawaran IPO Harapan Duta Pertiwi (HOPE) Oversubscribed, Dapat Dana Rp100,49 Miliar

PT Harapan Duta Pertiwi Tbk. (HOPE) meraih dana IPO Rp100 miliar lebih dan resmi melantai di Bursa pada 24 Mei 2021.
PT Harapan Duta Pertiwi Tbk. (HOPE) akan mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia pada 24 Mei 2021./ perseroan
PT Harapan Duta Pertiwi Tbk. (HOPE) akan mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia pada 24 Mei 2021./ perseroan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Harapan Duta Pertiwi Tbk mengambil langkah bersejarah dengan mencatatkan saham secara resmi di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang akan dilakukan pada 24 Mei 2021. Emiten baru ini melaksanakan mengumpulkan dana IPO hingga Rp100,49 miliar.

PT Harapan Duta Pertiwi Tbk menunjuk PT Danatama Makmur Sekuritas dan PT Yuanta Sekuritas Indonesia sebagai lead underwriter atau penjamin pelaksana emisi efek dalam aksi korporasi ini.

Adapun jumlah lembar saham yang ditawarkan ke publik adalah sebanyak 851.667.000 lembar saham atau sekitar 40 persen dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh, dengan harga Rp 118 per lembar saham. Maka dari itu, dana yang terkumpul dari Penawaran Umum ini adalah senilai Rp100.496.706.000 atau Rp100,49 miliar.

Dana yang terhimpun dari Penawaran Umum ini akan digunakan oleh emiten yang akan memakai kode HOPE ini untuk modal kerja dalam bentuk pembelian bahan baku untuk pembuatan bagian atau karoseri kendaraan bermotor.

Selain itu, untuk peningkatan fasilitas pabrik dan penunjangnya seperti sarana dan prasarana untuk menunjang aktivitas di pabrik seperti instalasi hoist crane, perbaikan area lantai pabrik dengan semen dan aspal, penutupan atap area pabrik yang masih terbuka, peningkatan ventilasi, serta pembelian mesin produksi.

Antusiasme yang tinggi dari masyarakat terlihat pada Penawaran Umum Saham yang telah dilakukan pada tanggal 11–18 Mei 2021, dimana pada Penawaran Umum tersebut terjadi oversubscribed lebih dari 100 kali.

Selain itu, sebagai tambahan bagi masyarakat yang memutuskan untuk berinvestasi dalam Penawaran Umum Perdana Saham, PT Harapan Duta Pertiwi Tbk juga menerbitkan waran sebanyak 425.833.500 waran Seri I, sehingga rasio dari waran yang diterbitkan adalah 2 pemegang saham baru akan mendapatkan 1 waran Seri I.

Adapun dana yang didapatkan dari pelaksanaan waran tersebut rencananya akan digunakan untuk modal kerja.

Direktur Utama dari Harapan Duta Pertiwi Kevin Jong mengatakan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) ini akan membawa ke babak baru dalam industri karoseri di Indonesia.

"Melalui struktur permodalan yang bertambah kuat dengan dukungan publik, kami mempunyai komitmen untuk dapat menjadi perusahaan yang bernilai tinggi dalam industri karoseri di Indonesia, dengan memenuhi berbagai macam kebutuhan dari pelanggan, guna mendukung pembangunan bangsa dan negara Indonesia," ujarnya, Kamis (20/5/2021).

Menurutnya, terdapat beberapa strategic partner yang juga sudah mengutarakan minatnya untuk berinvestasi di HOPE. Salah satunya adalah Adrianus Eka Putra, pemilik dari PT Bengawan Karya Sakti atau lebih dikenal dengan nama karoseri “Beng”.

“Dengan bergabungnya Bapak Adrianus Eka Putra, kami harapkan bisa membawa dampak yang positif, khususnya di bagian penjualan,” katanya,

HOPE sendiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan karoseri dengan berbagai macam lini produk seperti dump truck, tangki air, tangki crude palm oil (CPO) & bahan bakar minyak (BBM), tangki hi-blow, cement mixer, wing box, dan box besi untuk transporter logistik, trailer untuk mengangkut kontainer, self-loader untuk mengangkut alat berat, dan berbagai produk high engineering lainnya.

PT Harapan Duta Pertiwi Tbk akan terus mengembangkan usaha serta meningkatkan performa perusahaan di masa yang akan datang.

Hal tersebut diharapkan dapat tercapai dengan terus menjaga kualitas produk, ketepatan spesifikasi dan waktu serta pelayanan purna jual yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper