Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ambisi Emiten Hary Tanoe Ekspansi Pusat Kecerdasan Buatan di India

Pembangunan kantor pusat kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) di New Delhi, India untuk mendukung MNC di bisnis digital berskala internasional.
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo. Bisnis/Himawan L Nugraha
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - MNC Group membangun kantor pusat kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) di New Delhi, India untuk mendukung MNC mengembangkan bisnis ekonomi digital berskala global.

"MNC Group membangun kantor di New Delhi, India khusus handle AI," ujar Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dalam keterangan resmi, Kamis (20/05/2021).

Menurut Hary, kantor pusat tersebut akan diperkuat sumber daya manusia dari para jenius software dengan jam terbang tinggi, satu di antaranya, yaitu Abhishek Tiwari, yang menjabat sebagai Deputy Chief Technical Officer MNC Group, khusus artificial intelligence.

Pihaknya optimistis, kehadiran Abhishek akan memperkuat pusat AI milik MNC di India. Pasalnya, Abhishek berpengalaman 10 tahun di bidang software, penyandang gelar magister Ilmu Kompiter dari UP Technical University, India ini. bekerja di bidang AI untuk perusahaan teknologi informasi dan juga institusi keuangan berkelas dunia.

Abhishek mengawali karier di Tata Consultancy Services sebagai software engineer.

Kemudian, Abhishek tercatat pernah bekerja sebagai software engineer di Credit Agricole, Citibank, Taiger Singapura. Terakhir sebelum bergabung deangan MNC Group, Abhishek berkarier di AlgoTrader, Singapura.

Untuk diketahui, MNC Group telah menyiapkan strategi dan menjalankan roadmap untuk transformasi digital di berbagai lini usahanya, baik di bidang finansial yang dipimpin PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP), properti (PT MNC Land Tbk/ KPIG) dan media (PT Media Nusantara Citra Tbk/ MNCN).

Adapun, AI mendorong seluruh lini bisnis tersebut siap menjadi raksasa di bidangnya masing-masing.

Di bidang jasa keuangan, Motion Digital, digital banking PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP), unit bisnis dari BCAP, tengah menyiapkan bank digital yang bakal jadi raksasa di Tanah Air, dengan target minimal 30 juta nasabah pada 5 tahun pertamanya.

Motion Digital akan mengoptimalkan konversi lebih dari 200 juta userbase MNC Group menjadi nasabahnya.

"Seluruh userbase MNC Group, termasuk televisi, portal dan media sosial mencapai lebih dari 200 juta userbase. Terbesar di Tanah Air,” ungkap Hary.

Motion Digital akan memiliki layanan digital tercanggih dan terintegrasi di Tanah Air melalui integrasi dengan fintech lainnya, seperti e-money, virtual credit card, dan channeling melalui peer-to-peer lending platforms,

Saat ini, MNC Bank tengah menunggu izin digital onboarding aplikasi Motion disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper