Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Konsumen berjalan di depan gerai Hypermart yang dikelola oleh PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA) di Karawaci, Banten, Indonesia, Jumat (23/1/2015). - Bloomberg/Dimas Ardian
Lihat Foto
Premium

Buat Apa Gojek Beli Hypermart (MPPA) Milik Lippo?

Ekspansi Gojek tak hanya dilakukan lewat merger dengan Tokopedia. Saham PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA), pemilik Hypermart, juga diserapnya. Apa tujuannya?
Hendri Tri Widi Asworo
Hendri Tri Widi Asworo - Bisnis.com
19 Mei 2021 | 13:30 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Baru-baru ini, lantai bursa dikejutkan dengan pengumuman manajemen PT Multipolar Tbk. (MLPL). Emiten di bawah bendera Lippo itu mengabarkan bahwa anak usahanya, PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA) yang merupakan pemilik gerai Hypermart, akan melepas sebagian sahamnya ke Gojek. 

Dalam keterbukaan informasi, Selasa (11/5/2021), Direktur Multipolar Agus Arismunandar mengungkapkan 11,9 persen saham MPPA dilepas kepada PT Pradipa Darpa Bangsa, Panbridge Investment Ltd., dan Threadmore Capital Ltd. Transaksi itu dilakukan pada 6 April 2021.

Pradipa Darpa Bangsa yang kini menggenggam 4,76 persen atau 358,53 juta saham MPPA itu ada benang merah dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, yang adalah pemilik Gojek. Sebanyak 99,996 persen saham Pradipa Darpa Bangsa dikuasai oleh Gojek dan 0,004 persen dikempit PT Dompet Karya Anak Bangsa alias Gopay. 

Andre Sulistyo yang kini didapuk menjadi CEO GoTo, holding perusahaan hasil merger Gojek dan Tokopedia, diketahui menduduki posisi komisaris utama di perusahaan yang bergerak di bidang jasa aktivitas profesional, ilmiah, dan teknis itu. 

Adapun, Threadmore Capital Ltd. membeli saham MPPA sebanyak 3,81 persen atau setara dengan 286.824.700 saham. Threadmore Capital Ltd. merupakan perusahaan investasi yang berdomisili di Cayman Islands. 

Terakhir, ada Panbridge Investment Ltd. yang membeli 3,33 persen saham MPPA atau setara dengan 250.971.600 saham. Sama seperti Threadmore Capital, Panbridge juga diketahui adalah perusahaan investasi yang berdomisili di Cayman Islands. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top