Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Unilever (UNVR) RUPS 27 Mei, Siap-Siap Putusan Dividen Jumbo

Salah satu mata acara RUPST 2020 UNVR ialah penetapan penggunaan laba tahun buku 2020. Investor tentunya berharap akan ada kucuran dividen jumbo lagi dari laba bersih UNVR.
Logo Unilever/Bloomberg
Logo Unilever/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten konsumer PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR) akan mengadakan rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) 2020.

Berdasarkan keterangan manajemen di Harian Bisnis Indonesia, RUST 2020 UNVR akan berlangsung pada 27 Mei 2021 di Grha Unielever. Ada 4 mata acara yang disiapkan.

Salah satu mata acara tersebut ialah penetapan penggunaan laba tahun buku 2020. Investor tentunya berharap akan ada kucuran dividen jumbo lagi dari laba bersih UNVR.

UNVR merupakan salah satu anggota IDX High Dividend 20, yakni indeks yang beranggotakan 20 saham yang membagikan dividen tunai selama 3 tahun terakhir dan memiliki dividend yield yang tinggi.

Pada 2020, laba bersih Unilever Indonesia menyusut 3,09 persen year on year (yoy) dari Rp7,39 triliun menjadi Rp7,16 triliun.

Adapun, pada akhir 2020, UNVR menyatakan akan membagikan dividen interim sebesar Rp87 untuk pemegang saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham per 2 Desember 2020.

Realisasi tersebut setara dengan pembagian dividen interim seluruhnya sejumlah Rp3,32 triliun kepada total pemegang 38,15 miliar unit saham perseroan yang beredar.

Dengan demikian, masih ada sisa saldo laba bersih 2020 UNVR yang belum diputuskan penggunannya sejumlah Rp3,84 triliun.

Sebelumnya, pada tahun buku 2019, rasio pembayaran dividen UNVR mencapai 100 persen atau keseluruhan dari laba bersih senilai Rp7,39 triliun dibagikan sebagai dividen.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) 2019 Unilever Indonesia yang digelar Jumat (24/7/2020), pemegang saham perseroan menyetujui pembagian dividen final dari laba bersih perseroan sejumlah Rp107 per saham setelah stock split atau setara Rp4,1 triliun.

Adapun, UNVR sebelumnya sudah membagikan dividen interim sebesar Rp430 per lembar saham atau setara Rp3,3 triliun dari total laba bersih pada 18 Desember 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper