Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hutama Karya Targetkan Rp2 Triliun dari IPO HKI

Hutama Karya akan menjadikan PT Hutama Karya Infrastruktur sebagai perusahaan terbuka terlebih dahulu.
PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) terus kebut pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), salah satunya yakni Ruas Pekanbaru-Padang Seksi 1 (Padang-Sicincin) (Pacin) sepanjang 36km.  /Hutama Karya
PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) terus kebut pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), salah satunya yakni Ruas Pekanbaru-Padang Seksi 1 (Padang-Sicincin) (Pacin) sepanjang 36km. /Hutama Karya

Bisnis.com, JAKARTA — PT Hutama Karya (Persero) menyatakan akan melakukan penawaran publik perdana (initial public offering/IPO) pada ketiga anak usahanya, yakni PT HK Realtindo, PT Hutama Karya Infrastruktur, dan PT Hakaaston.

Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto mengatakan bahwa perseroan akan menjadikan PT Hutama Karya Infrastruktur sebagai perusahaan terbuka terlebih dahulu. Perusahaan tersebut ditargetkan melantai di bursa pada akhir 2021.

"Kami harapkan dari IPO Hutama Karya Infrastruktur ini kami bisa dapatkan dana sekitar Rp2 triliun sehingga bisa mengembangkan Hutama Karya Infrastruktur lebih maju lagi," katanya dalam webinar Mengukur Infrastruktur, Jumat (16/4/2021).

Hutama Karya Infrastruktur didirikan pada 2015. Anak usaha itu didirikan setelah perseroan mendapatkan penugasan dari untuk mengembangkan jalan tol Trans-Sumatra.

HKI merupakan hasil spin off dari Divisi Jalan dan Jembatan perseroan. Selain Trans-Sumatra, lini tersebut telah mengerjakan proyek strategi lain seperti jalan tol Cinere—Jagorawi dan Mojokerto—Kertosono.

Budi menyatakan bahwa anak usaha selanjutnya yang akan melalui IPO adalah Hakaaston. Hakaaston adalah perusahaan manufaktur aspal dan beton untuk memenuhi mayoritas kebutuhan proyek-proyek Hutama Karya.

Hakaaston direncanakan mendapatkan dana segar dari pasar bursa pada 2022. Sementara itu, PT HK Realtindo (HKR) dijadwalkan melantai pada2023.

"Jadi, dengan demikian saya kira kami akan bisa mempersiapkan [IPO anak usaha] dengan baik sehingga bisa mendapatkan hasil [dana segar] yang baik juga,"ucapnya.

HKR bermula dari Divisi Properti di HK kemudian resmi didirikan sebagai anak usaha pada 2010. Berbagai produk properti yang dihasilkan antara lain H Tower Rasuna Said, H Residence MT Haryono, dan Kubika Homy BSD.

Selanjutnya, HKA merupakan anak usaha perseroan yang memiliki pabrik penghasil produk beton pracetak. Salah satu fasilitas berlokasi di Bojonegara, Cilegon, yang hingga kini mendukung kebutuhan precast untuk pembangunan jalan tol Trans-Sumatra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Andi M. Arief
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper