Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wika Gedung (WEGE) Rampungkan Revitalisasi Pasar Pariaman, Bisa Jadi Lokasi Evakuasi Bencana

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mempercayakan proyek revitalisasi senilai Rp89,74 miliar kepada WEGE.
PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) telah menyelesaikan revitalisasi Pasar Rakyat Pariaman, Sumatera Barat. /WEGE.
PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) telah menyelesaikan revitalisasi Pasar Rakyat Pariaman, Sumatera Barat. /WEGE.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) telah menyelesaikan revitalisasi Pasar Rakyat Pariaman, Sumatera Barat.

Hal ini ditandai dengan peresmian pasar tersebut oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada Selasa (06/04/2021). Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan daerah yang turut hadir antara lain Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi, Wakil Menteri PUPR RI John Wempi Wetipo, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, serta Walikota Pariaman Genius Umar

Selain dihadiri oleh rombongan dari Kementerian dan Lembaga Tinggi Negara, Komisaris Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) sekaligus Direktur Operasi III PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) Sugeng Rochadi dan Direktur Operasi II WEGE Mochamad Yusuf turut hadir langsung dalam peresmian tersebut.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mempercayakan proyek revitalisasi senilai Rp89,74 miliar kepada WEGE. Pasar yang yang berlokasi di Jalan Sultan Syahrir, Kota Pariaman Ini telah berusia lebih dari 100 tahun, dan telah mengalami beberapa kali kerusakan akibat gempa dan kebakaran.

Dalam sambutannya, Ma'ruf mengatakan program revitalisasi pasar rakyat sangat bermanfaat untuk memulihkan ekonomi. Pasalnya, hal tersebut ama sulit dilakukan dengan padat karya.

"Dengan selesainya revitalisasi, saya berharap pasar ini mampu menjadi motor penggerak perkembangan UMKM di Kota Pariaman," katanya dikutip dari keterangan resmi perusahaan, Selasa (6/4/2021).

Adapun Pasar Rakyat Pariaman didirikan bersamaan dengan Puncak Peringatan Hari Nusantara di Kota Pariaman pada Desember 2019 lalu. Pasar ini berdiri di atas lahan seluas 5.559 meter persegi dan memiliki luas lantai 9.512 meter persegi serta memiliki tinggi empat lantai.

Ruang lingkup pekerjaan antara lain struktur, arsitektur, mep, dan landscape. Bangunan pasar ini nantinya dapat menampung sebanyak 362 kios pedagang.

Penggunaan teknologi Building Information Modelling (BIM) level 4D turut di implementasi dalam proyek revitalisasi Pasar Rakyat Pariaman yang telah rampung pada bulan Desember 2020.

Pasar ini dibangun kembali dengan konsep ramah lingkungan yang tahan gempa dan dapat menjadi tempat perlindungan (shelter) apabila terjadi bencana tsunami. Dengan revitalisasi, Pasar Rakyat Pariaman kini dilengkapi dengan atap dak beton serta ramp di sisi selatan bangunan sebagai lokasi evakuasi.

Antisipasi ini dilakukan mengingat posisi pasar yang berada di pusat kota dan dekat dengan wisata Pantai Gandoriah, Pariaman, Sumatera Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper