Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IHSG Berpotensi Lanjut Menguat, Rekomendasi Saham AALI, MAPI, dan WTON

Berdasarkan analisis teknikal, IHSG diperkirakan bergerak dalam rentang level support 5.960 dan resisten 6.155 hari ini.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 05 April 2021  |  07:21 WIB
Pengunjung memotret papan elektronik yang menampilkan pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (22/3/2021). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pengunjung memotret papan elektronik yang menampilkan pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (22/3/2021). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks harga saham gabungan (IHSG) berpotensi melanjutkan penguatannya pada perdagangan hari ini, Senin (5/4/2021).

Pada akhir perdagangan Kamis pekan lalu (1/4/2021), IHSG ditutup menguat 0,43 persen atau 25,93 poin ke level 6.011,46 setelah bergerak cenderung melemah pada awal sesi perdagangan.

Saham-saham di sektor pertanian (+3.48 persen) dan perdagangan (+2,4 persen) menguat signifikan. Optimisme investor kembali tumbuh setelah data PMI Manufaktur indeks di Indonesia naik cukup tinggi ke level 53.2 dari 50.9.

Equity Technical Analyst Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan kenaikan data PMI tersebut memberikan signal positif akan pemulihan ekonomi yang mulai terasa.

Di sisi lain, data inflasi menahan laju penguatan IHSG pada akhir perdagangan pekan lalu. Inflasi Indonesia melambat menjadi 1.37 persen secara tahunan dari 1.38 persen.

“Inflasi yang masih cukup rendah akan memberikan sinyal pelongaran kebijakan tambahan untuk Indonesia,” tulis Lanjar dalam riset yang diterima Bisnis, Senin (5/4/2021).

Untuk perdagangan hari ini, secara teknikal Lanjar memperkirakan IHSG membentuk pola bullish harami setelah berhasil mengonfirmasi whipsaw di level support dan lower bollinger bands.

Sementara itu, indikator stochastic terlihat menjenuh pada area oversold dengan MACD yang bergerak pada zona undervalue dan berpotensi bergerak divergence positif.

“Sehingga secara teknikal IHSG berpotensi melanjutkan penguatan di awal pekan dengan support resistance 5.960-6.155,” lanjut Lanjar.

Adapun saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal menurut Reliance Sekuritas di antaranya AALI, ACST, ADHI, ADRO, DOID, MAPI, dan WTON.

 

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG Indeks BEI rekomendasi saham
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top