Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belanja Modal Jumbo Rp1.288 Triliun, Pertamina Dekati SWF

Di antara 14 PSN yang digarap pertamina, terdapat 4 PSN terkait energi bersih dan terbarukan yang menarik untuk didanai melalui skema SWF.
Sejumlah pengemudi kendaraan mengisi BBM di salah satu SPBU yang dikelola Pertamina MOR II Sumbagsel. istimewa
Sejumlah pengemudi kendaraan mengisi BBM di salah satu SPBU yang dikelola Pertamina MOR II Sumbagsel. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - BUMN energi pemerintah, PT Pertamina (Persero) membidik pendanaan dari sovereign wealth fund (SWF) atau Indonesia Investment Authority (INA) untuk mendanai belanja modal proyek hulu hingga hilirnya sebesar US$92 miliar.

Dengan estimasi kurs Rp14.000 per dolar AS, maka alokasi belanja modal Pertamina senilai US$92 miliar setara dengan Rp1.288 Triliun.

Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini menuturkan terdapat 14 proyek Pertamina yang menjadi proyek strategis nasional (PSN) di sektor hulu, hilir, dan energi bersih terbarukan sepanjang 2020 hingga 2024.

Menurutnya, proyek kilang, gas atau energi bersih dan terbarukan berpotensi untuk mendapatkan pendanaan dari SWF Indonesia yang terus berjalan untuk pemulihan ekonomi nasional.

"Belanja modal hingga US$90 miliar sampai 2024. Balance sheet kami overstress kalau pakai dana internal semua. Ini kami berharap dari capital financing, bisa dari mana-mana ini. Ke depan Pertamina juga open private investment dan strategic partnership baik investor finance maupun technical," urainya, Kamis (4/3/2021).

Dia menyebut di antara 14 PSN yang digarap pertamina, terdapat 4 PSN terkait energi bersih dan terbarukan yang menarik untuk didanai melalui skema SWF, seiring dengan meningkatnya tren pendanaan untuk energi hijau di dunia.

Keempat proyek tersebut yakni gasifikasi batu bara Tanjung Enim yang membutuhkan modal sebesar US$2,1 miliar, Green Diesel RU IV Cilacap butuh dana US$03, miliar, Green Refinery RU III Plaju butuh dana US$0,7 miliar dan Katalis Merah Putih butuh dana RP170 miliar.

Selain proyek PSN, terdapat empat proyek strategis Pertamina yang dapat menggunakan sumber dana SWF. Dia menyebut ada Proyek Olefin TPPI dengan nilai belanja modal hingga US$3,7 miliar.

Belum lagi pengadaan infrastruktur BBM dan LPG sebesar US$2 miliar, Transmisi dan Distribusi Gas US$4miliar dan pembentukan ekosistem electronic vehicle (EV) battery sebesar US$3,2 miliar.

"Proyek EBT ini banyak peminatan, investor yang SDGs minded dan green minded. Project kami garap di luar geothermal yang ada di PGE. Ada gasifikasi, katalis merah putih dan juga EV battery," urainya.

Dalam jangka waktu 5 tahun ke depan tersebut, terdapat berkisar 300 proyek Pertamina yang berpotensi mendapatkan pendanaan dari INA dengan total investasi sebesar US$92 miliar untuk membangkitkan sektor energi nasional.

Proyeksinya, pendanaan sebesar US$40 miliar diupayakan dari pembiayaan eksternal seperti global bond, corporate loan, partnership, unlock value, serta dari otoritas investasi Indonesia.

Emma menargetkan partisipasi INA dalam proyek-proyek Pertamina dalam bentuk equity injection dapat memperkuat struktur modal Pertamina. Selain itu, Equity injection dapat mempertahankan target debt to equity ratio (DER) perseroan di bawah 80 persen.

Di sisi lain, Pertamina membutuhkan equity partner dalam mengimplementasikan rencana belanja modalnya. Prioritas belanja modal terus dilakukan guna menjaga keuangan Pertamina sesuai dengan tingkat profitabilitas belanja modal itu sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper