Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Minyak Melonjak Akibat Suplai Ketat, WTI Tembus US$61

Pada penutupan perdagangan Senin (22/2/2021), harga minyak WTI kontrak April 2021 naik 3,8 persen atau 2,25 poin menjadi US$61,49 per barel.
Ilustrasi. Tanki penimbunan minyak./Bloomberg
Ilustrasi. Tanki penimbunan minyak./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Harga minyak melonjak di tengah mengetatnya pasokan seiring dengan prospek peningkatan permintaan.

Pada penutupan perdagangan Senin (22/2/2021), harga minyak WTI kontrak April 2021 naik 3,8 persen atau 2,25 poin menjadi US$61,49 per barel. Harga minyak Brent kontrak April 2021 juga menguat 3,7 persen atau 2,33 poin menuju US$65,24 per barel.

Mengutip Bloomberg, harga minyak melonjak karena pedagang dan bank investasi melihat pasokan global mengetat dengan cepat sebagai tanggapan atas pemulihan yang dipimpin vaksinasi musim panas ini.

Harga minyak Brent naik 3,7 persen pada hari Senin, kenaikan harian terbesar sejak awal Januari, karena serangkaian permintaan bullish dan revisi kenaikan perkiraan harga mendorong optimisme atas permintaan minyak.

Goldman Sachs Group Inc. melihat Brent dapat mencapai US$75 per barel karena konsumsi terus pulih lebih cepat daripada pasokan dari OPEC + dan minyak serpih. Sementara itu, Morgan Stanley juga meningkatkan perkiraan karena melihat minyak menuju kuartal yang mungkin paling ketat sejak setidaknya tahun 2000.

"Pasar melihat pandangan yang lebih konstruktif dari perspektif permintaan dan pandangan yang lebih ketat dari perspektif pasokan," kata Rob Haworth, ahli strategi investasi senior di U.S. Bank Wealth Management.

“Dengan ekonomi yang dibuka kembali dan vaksinasi dipercepat, pasar harus mempertanyakan apakah ada cukup minyak saat ini saat kita menuju musim permintaan puncak.”

Hilangnya produksi minyak mentah dari AS akan membantu lebih lanjut pasar minyak perusahaan menuju musim panas karena sebagian besar dunia keluar dari penguncian, kata wakil kepala perdagangan minyak Trafigura Group Ben Luckock dalam wawancara Bloomberg Television. Sekitar 40 juta barel produksi minyak Februari, sebagian besar dari Permian Basin, tidak akan diproduksi karena pembekuan, kata Luckock.

Minyak mentah patokan global telah naik lebih dari 25 persen tahun ini setelah janji Januari dari Arab Saudi untuk memperdalam pembatasan produksi yang memicu reli yang dipicu oleh terobosan vaksin Covid-19.

Jangka waktu cepat Brent telah menguat dalam struktur backwardation bullish, menandakan pasar yang lebih ketat dan membantu melepas stok global yang menumpuk selama pandemi. Minyak mentah yang disimpan di laut turun ke level terendah dalam 11 bulan minggu lalu, menurut Vortexa, sebagai tanda lain dari berkurangnya pasokan.

Bergabung dengan paduan suara seruan bullish pada minyak, Socar Trading SA melihat harga mencapai US$80 per barel tahun ini karena kelebihan persediaan minyak yang menumpuk sebagai tanggapan terhadap pandemi ditarik sepenuhnya oleh musim panas.

"Bahkan dengan Arab Saudi dan Texas berproduksi, ketakutannya adalah dalam 12 bulan akan ada kekurangan pasokan," kata kepala perdagangan Socar.

Namun, gambaran pasokannya masih jauh dari pasti. Arab Saudi dan Rusia sedang menuju pertemuan OPEC + minggu depan dengan pendapat berbeda tentang apakah akan menambah lebih banyak pasokan ke pasar pada bulan April.

Kerajaan ingin mempertahankan produksi minyak yang stabil, menurut delegasi, tetapi Moskow mengindikasikan bahwa mereka masih ingin melanjutkan peningkatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Sumber : Bloomberg.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper