Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham Asia Tergelincir, Pasar Beralih ke Obligasi

Bursa Asia mengawali perdagangan Selasa (23/2/2021) dengan pergerakan yang cenderung melemah.
Bursa Asia/ Bloomberg.
Bursa Asia/ Bloomberg.

Bisnis.com, JAKARTA - Saham Asia beringsut lebih rendah pada Selasa (23/2/2021), sementara ekuitas berjangka Amerika Serikat mengupas keuntungan lantaran ekspektasi investor untuk pertumbuhan dan inflasi yang lebih cepat yang mendorong sektor komoditas dan imbal hasil obigasi.

Melansir Bloomberg, saham Australia berfluktuasi, Korea Selatan turun. Indeks Kospi Korea Selatan turun 0,9 persen. Sedangkan pasar Jepang tutup karena hari libur.

S&P 500 berjangka di Hong Kong sedikit berubah setelah indeks jatuh untuk hari kelima, penurunan tersebut terpanjang dalam setahun. Indeks S&P 500 turun 0,8 persen.

Nasdaq 100 jatuh lebih dari 2 persen ke level terendah tiga minggu karena investor mempertanyakan daya tarik saham mahal yang berfokus pada pertumbuhan. Saham energi dan perusahaan keuangan menguat.

Indeks Spot Komoditas Bloomberg, yang melacak pergerakan harga untuk 23 bahan mentah, naik ke level tertinggi sejak Maret 2013. Minyak Brent naik diatas US$ 65 per barel. Goldman Sachs Group Inc. memperkirakan harga dapat naik di atas US$70 dalam beberapa bulan mendatang. Minyak mentah WTI menahan kenaikan.

Sementara, imbal hasil obligasi memperpanjang kenaikan pada Senin, bagian penting dari kurva - selisih antara imbal hasil tenor 5-30 tahun menyentuh level tertinggi lebih dari enam tahun.

Reli yang membakar pasar saham di masa pandemi hampir setahun yang lalu sedang dalam pengawasan, karena kenaikan suku bunga mendukung daya tarik investasi pendapatan tetap.

Prospek stimulus AS yang besar bergerak cepat ke menju arah persetujuan, dan berita yang menggembirakan tentang efektivitas vaksin Covid-19, memacu perdagangan yang didasarkan pada pemulihan ekonomi yang lebih cepat.

Sementara, investor sekarang semakin khawatir bahwa bank sentral pada akhirnya dapat mulai mempertimbangkan kembali program darurat yang telah mendukung pasar global.

"Penggerak utama ekuitas mungkin memudar karena pasar mulai sepakat dengan fase pemulihan berikutnya," kata Chris Iggo, kepala investasi untuk investasi inti di Manajer Investasi AXA seperti dilansir Bloomberg Selasa (23/2/2021).

"Saya tidak akan terkejut jika hasil pasar lebih tidak stabil dalam beberapa bulan mendatang. Pendekatan saya terhadap pendapatan tetap adalah mencari peluang untuk mulai membeli produk jangka panjang lagi," tambahnya.

Di sisi lain, Bitcoin diperdagangkan di bawah US$54.000. Harga itu jatuh sebanyak 17 persen pada Senin pagi menyusul cuitan Bos Tesla Inc Elon Musk bahwa harga cryptocurrency telah naik tinggi terlalu cepat.

Sementara, pasar Brasil anjlok menyusul keputusan Presiden Jair Bolsonaro untuk menggantikan kepala Petroleo Brasileiro SA, perusahaan minyak yang dikendalikan negara. Real turun 1 persen dan indeks saham Ibovespa turun lebih dari 4 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Sumber : Bloomberg.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper