Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabar Korporasi : PII Ikut Penjaminan Kredit PLN dan Kupon Kompetitif WIKA Jadi Daya Tarik

Kabar mengenai Grup Astra, Garuda Indonesia, Wijaya Karya, hingga penyitaan aset terkait kasus Asabri menjadi sajian dalam harian Bisnis Indonesia hari ini.
Karyawan di dekat papan elektronik yang menampilkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Kamis (26/3/2020). Bisnis/Dedi Gunawan
Karyawan di dekat papan elektronik yang menampilkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Kamis (26/3/2020). Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Berita tentang kinerja emiten PII Ikut Penjaminan Kredit PLNmenjadi sorotan harian Bisnis Indonesia edisi Senin (11/2/2021).

Berikut beberapa rincian isu-isu terkini seputar kinerja emiten di Indonesia:

1. PII Ikut Penjaminan Kredit PLN
PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) dan Kementerian Keuangan melakukan perjanjian penjaminan pemerintah dengan Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB). Perjanjian berupa pinjaman lang sung senilai US$310 juta untuk mendanai konstruksi pengembangan akses jaringan distribusi listrik di Jawa Timur dan Bali.

2. Sita Aset Tersangka Asabri Berlanjut
Penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) menyita aset milik tersangka tindak pindana korupsi dana investasi PT Asabri (Persero) yang merugikan negara Rp23 triliun. Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung Febrie Adriansyah mengatakan penyidik telah menyita 20 unit kapal tanker milik tersangka Heru Hidayat beberapa waktu lalu. 566 bidang tanah dengan luas 194 hektare atas nama Benny Tjokrosaputro Tjokro juga disita oleh penyidik Kejagung.

3. Grup Astra Siap Akselerasi
Emiten di bawah naungan Grup Astra terus mencari celah untuk mengakselerasi kinerja dan memacu ekspansi bisnis pada 2021. Pada tahun ini, emiten berkode saham ASII itu bertekad untuk menjaga pangsa pasar penjualan mobil domestik sekitar 50%. Hal itu menyusul estimasi target penjualan kendaraan roda empat Indonesia oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sebanyak 750.000 unit pada 2021, atau naik 40 persen secara tahunan.

4. Beban Leasing Pesawat GIAA Bakal Turun
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. mengambil langkah pemutusan kontrak sewa 12 pesawat Bombardier CRJ-1000 secara sepihak dengan Nordic Aviation Capital (NAC). Tarif sewa untuk 12 unit pesawat jenis tersebut mencapai US$27 juta per tahun. Di sisi lain, emiten berkode saham GIAA itu mengaku mengalami kerugian US$30 juta per tahun dari operasional pesawat CRJ-1000 selama 7 tahun terakhir.

5. Kupon Kompetitif WIKA Jadi Daya Tarik
Penerbitan surat utang senilai total Rp3 triliun PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. diprediksi bakal terserap dengan baik. Kupon yang ditawarkan cukup kompetitif di tengah tren suku bunga rendah. WIKA memberikan tingkat imbal hasil mulai dari 8,5% untuk tenor paling pendek 3 tahun, 9,10% untuk tenor 5 tahun, dan tertinggi 9,75% untuk seri tenor paling panjang 7 tahun. Kupon yang ditawarkan itu jauh di atas suku bunga acuan Bank Indonesia saat ini sebesar 3,75%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Janlika Putri
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper