Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pengemudi Gojek mengambil pesanan makanan di Jakarta, Indonesia, Selasa (5/1/2021). - Bloomberg/Dimas Ardian
Premium

Tokopedia-Gojek vs Grab, Siapa yang IPO Lebih Dulu?

10 Februari 2021 | 18:46 WIB
Kabar merger dan IPO Tokopedia-Gojek kembali merebak. Sebelumnya, Grab juga sudah menyampaikan rencana untuk IPO di bursa AS. Siapa yang akan lebih dulu melantai di bursa?

Bisnis.com, JAKARTA — Kabar merger dua startup Indonesia, Tokopedia dan Gojek, kembali berembus. Pembicaraan kedua perusahaan disebut sudah masuk tahap finalisasi dan kemungkinan kesepakatan aksi korporasi itu bisa dicapai pada Februari 2021.

Bloomberg melaporkan Rabu (10/2/2021), Tokopedia dan Gojek sedang mendiskusikan berbagai skenario yang bisa diambil untuk merealisasikan cita-cita listing di bursa Indonesia dan AS. Sumber Bloomberg yang tidak disebutkan namanya menyebut valuasi perusahaan di pasar modal ditargetkan mencapai antara US$35 miliar-US$40 miliar.

Menurut sumber tersebut, diskusi yang masih berlangsung membicarakan tentang pembagian saham di entitas hasil merger nanti. Pemegang saham Tokopedia dikabarkan mengambil 40 persen, sedangkan investor Gojek 60 persen. 

Kemudian, tengah dibahas pula mengenai skema apa yang diambil sebelum menggelar Initial Public Offering (IPO). Skenario pertama, apakah akan merger terlebih dulu sebelum listing.

Skenario kedua, apakah Tokopedia bakal IPO lebih dulu di Indonesia lalu merger dengan Gojek dan kemudian membawa entitas baru tersebut untuk melantai di bursa AS.

Selain itu, masih dibicarakan pula apakah listing di bursa AS akan dilakukan lewat mekanisme IPO tradisional ataukah melalui perusahaan cek kosong (Special Purpose Acquisition Company/SPAC).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top