Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aksi Spekulasi Dibatasi, Wall Street Kompak Hijau

Pada penutupan perdagangan Kamis (28/1/2021), Dow Jones naik 0,99 persen menjadi 30.603,36, S&P 500 meningkat 0,98 persen menuju 3.787,38, dan Nasdaq menguat 0,5 persen ke level 13.337,16.
Wall Street./Bloomberg
Wall Street./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa Amerika Serikat mengalami penguatan di tengah pembatasan aksi spekulasi investor ritel. Wall Street bangkit dari penurunan terbesar sejak Oktober 2020.

Pada penutupan perdagangan Kamis (28/1/2021), Dow Jones naik 0,99 persen menjadi 30.603,36, S&P 500 meningkat 0,98 persen menuju 3.787,38, dan Nasdaq menguat 0,5 persen ke level 13.337,16.

Mengutip Bloomberg, ekuitas AS bangkit kembali dari kerugian terburuknya sejak Oktober karena langkah untuk membatasi spekulasi pedagang ritel di beberapa perusahaan membuka pintu bagi pengelola investasi untuk memuat saham yang telah mereka tinggalkan.

Indeks S&P 500 naik 1 persen setelah platform perdagangan membatasi aktivitas saham yang digerogoti oleh obrolan internet, dari GameStop Corp. hingga AMC Entertainment Holdings Inc., dan American Airlines Group Inc.

Pengelola investasi yang telah menjual saham dalam beberapa hari terakhir, memaksa mereka untuk mengurangi kepemilikan di saham yang mereka sukai untuk mengurangi risiko.

Dinamika itu berbalik pada Kamis, dan sekeranjang saham Goldman Sachs yang disukai oleh hedge fund melonjak paling tajam sejak awal November, menghentikan penurunan lima hari.

Indeks saham paling pendek jatuh lebih dari 7 persen, terbesar sejak Juni. GameStop melonjak, naik sebanyak 39 persen di awal perdagangan sebelum jatuh sebanyak 68 persen. AMC merosot 57 persen, American naik 9,3 persen dan Tootsie Roll Industries kehilangan 9,5 persen.

Pembatasan perdagangan memicu kemarahan di forum WallStreetBets di mana para pedagang harian berkumpul untuk mendorong aksi unjuk rasa yang memanaskan dana lindung nilai di seluruh Wall Street.

Washington memperhatikan apa yang oleh beberapa orang disebut aturan yang tidak adil, dengan anggota parlemen dari Partai Demokrat dan Republik mengkritik pembatasan yang diberlakukan pada investor ritel.

Semua 11 kelompok industri di S&P 500 diperdagangkan lebih tinggi, dengan sentimen juga didorong oleh pendapatan perusahaan yang solid dari perusahaan seperti Mastercard Inc. dan Comcast Corp. dan penurunan mengejutkan dalam klaim pengangguran.

Saham telah mengalami perdagangan yang tidak stabil setelah reli berkepanjangan yang mendorong pembicaraan tentang kemungkinan penggelembungan aset dan prediksi mundurnya mengingat pandemi yang mengamuk dan peluncuran vaksin yang tidak merata.

Gejolak yang diciptakan oleh ruang obrolan internet telah memicu kekhawatiran konsekuensi yang lebih luas bagi Wall Street, terutama dana lindung nilai, tetapi ketakutan itu tampaknya memudar pada hari Kamis.

“Penghasilan besar dan panduan lebih baik dan kami meningkatkan kecepatan untuk mengeluarkan vaksin dan pada akhirnya kami akan mendapatkan stimulus fiskal yang keluar dari Washington,” kata Arthur Hogan, kepala strategi pasar di National Securities Corp. mencoba mencerna banyak hal pada saat yang sama. "

Indeks Stoxx Europe 600 naik tipis. Pendapatan dari STMicroelectronics NV dan Diageo Plc di luar prediksi, dan penurunan pendapatan di EasyJet Plc.

Hasil benchmark Treasury 10-tahun naik setelah menyentuh level terendah sejak 5 Januari. Bitcoin naik melewati US$32.000. Saham di Hong Kong dan Australia mengalami sebagian besar kerugian Asia.

Berikut adalah pergerakan utama di pasar:
Saham

Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,1%.
Indeks MSCI Asia Pasifik turun 1,8%.
Indeks Pasar Berkembang MSCI turun 1,4%.

Mata Uang

Indeks Spot Dolar Bloomberg tergelincir 0,2%.
Euro naik 0,2% menjadi $ 1,2129.
Pound Inggris naik 0,4% menjadi $ 1,3736.
Yen Jepang melemah 0,1% menjadi 104,23 per dolar.

Obligasi

Hasil pada obligasi 10-tahun naik empat basis poin menjadi 1,05%.
Imbal hasil 10-tahun Jerman naik satu basis poin menjadi -0,54%.
Imbal hasil 10-tahun Inggris naik dua basis poin menjadi 0,285%.

Komoditas

Minyak mentah West Texas Intermediate turun 1% menjadi $ 52,31 per barel.
Emas turun 0,1% menjadi $ 1,842.54 per ounce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Sumber : Bloomberg.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper