Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Setelah PPKM, Trafik Kunjungan Mal Diperkirakan Pulih Lebih Cepat

Analis menilai PPKM tidak akan terlalu memengaruhi pendapatan peritel pada kuartal I/2021. 
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 22 Januari 2021  |  14:30 WIB
Suasana sepi terlihat di salah satu pusat perbelanjaan atau mal saat libur Natal dan Tahun Baru di Depok, Jawa Barat, Minggu (27/12). Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyampaikan bahwa sesuai prediksi, pada akhir tahun ini tidak ada kenaikan signifikan pengunjung mal. Penyebabnya karena adanya pembatasan aturan dari pemerintah dan daya beli masyarakat yang melemah.  - Bisnis/Himawan L Nugraha
Suasana sepi terlihat di salah satu pusat perbelanjaan atau mal saat libur Natal dan Tahun Baru di Depok, Jawa Barat, Minggu (27/12). Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyampaikan bahwa sesuai prediksi, pada akhir tahun ini tidak ada kenaikan signifikan pengunjung mal. Penyebabnya karena adanya pembatasan aturan dari pemerintah dan daya beli masyarakat yang melemah. - Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT J.P. Morgan Sekuritas Indonesia menilai Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tidak akan terlalu memengaruhi kinerja peritel

Pasalnya, jumlah pengunjung mulai meningkat sejak akhir tahun lalu kendati pemerintah menerapkan pembatasan jam buka pusat perbelanjaan hingga pukul 19.00.

Analis J.P. Morgan Sekuritas Benny Kurniawan dan tim menilai PPKM tidak akan terlalu memengaruhi pendapatan peritel pada kuartal I/2021. 

Walaupun PPKM menjadi sentimen negatif untuk saham emiten peritel, investor tetap dapat memanfaatkan momen penurunan harga untuk akumulasi seperti saham PT Ace Hardware Indonesia Tbk. (ACES) dan PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI).

“PKPM tidak akan mengubah pandangan positif kami terhadap peritel. Kami yakin trafik sebelum pandemi bisa tercapai pada kuartal IV/2021,” tulis Benny dalam riset yang dipublikasikan lewat Bloomberg, dikutip Jumat (22/1/2021).

Benny menunjukkan bahwa trafik di pusat perbelanjaan perlahatn kembali ke level sebelum pandemi pada libur Natal dan Tahun Baru 2021. Walaupun PPKM dapat mengurangi jumlah pengunjung dalam beberapa waktu, permulihannya dinilai akan lebih cepat ketimbang 2020 karena vaksin Covid-19 sudah tersedia.

Baru-baru ini, pemerintah memperpanjang masa PPKM hingga 8 Februari 2021 setelah PPKM sebelumnya berakhir pada 25 Januari 2021. Perpanjangan PPKM kali ini diikuti perubahan jam operasional pusat belanja atau mal yang diizinkan buka hingga pukul 20.00. 

Durasi ini lebih panjang 1 jam dibandingkan dengan kebijakan sebelumnya yaitu pukul 19.00.

Saham peritel ACES pun turun 5,04 persen menjadi Rp1.600 pada pukul 14.21 WIB perdagangan Jumat (22/1/2021). Begitu pula saham MAPI tergerus lebih dalam lagi 6,29 persen menjadi Rp745 per saham.

Pada saat bersamaan, IHSG turun 1,58 persen menjadi 6.312. Terpantau hanya 91 saham menguat, 4040 saham melemah,d an 128 saham diperdagangankan stagnan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

emiten ritel jp morgan sekuritas indonesia PPKM
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top