Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Gedung Kementerian BUMN. - Bumn.go.id
Premium

Sederet Catatan dari Perusahaan BUMN di Awal Tahun

21 Januari 2021 | 06:28 WIB
Sejumlah catatan mewarnai kinerja perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), terutama mereka yang berstatus emiten pada awal tahun ini.

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan yang berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hampir selalu menarik perhatian publik, terutama terkait dengan kinerjanya.

Perhatian tersebut, diberikan baik kepada perusahaan yang melantai di bursa saham maupun nonemiten. Maklum, dengan statusnya sebagai BUMN, perusahaan-perusahaan tersebut artinya memiliki peran yang signifikan kepada negara. Di sisi lain, negara juga punya kontrol atas perusahaan yang diberi stempel ‘pelat merah’ tersebut.

Adapun, di pasar modal, emiten dari kelompok BUMN berhasil menjadi jawara di pasar modal. Hal itu salah satunya tercermin dari kinerja IDX BUMN20 menjadi jawara indeks dengan kinerja terbaik sepanjang tahun ini.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia per 21 Januari 2021, indeks yang memiliki konstituen 20 saham emiten pelat merah lintas sektor itu mencatatkan kenaikan sebesar 12,93 persen. Capaian itu menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan indeks lain. Fakta ini tentu saja menjadi awal yang baik bagi perusahaan-perusahaan BUMN untuk melaju tahun ini. 

Kendati demikian, emiten dari kelompok BUMN ramai dikabarkan terjerat kasus hukum di awal tahun ini. Setidaknya terdapat 3 perusahaan yang terjerat kasus hukum.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top