Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ciputra Development (CTRA) Siap Rilis Surat Utang Jumbo

Ciputra Development (CTRA) telah meningkatkan batas MTN yang dapat diterbitkan berdasarkan Programme Agreement menjadi 400 juta dolar Singapura dari sebelumnya 200 juta dolar Singapura. 
Tengara atau landmark Perumahan CitraRaya Tangerang, salah satu proyek properti besutan PT Ciputra Development Tbk.
Tengara atau landmark Perumahan CitraRaya Tangerang, salah satu proyek properti besutan PT Ciputra Development Tbk.

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten properti PT Ciputra Development Tbk. akan menerbitkan Medium-Terms Note (MTN)  maksimal lebih dari Rp3 triliun pada tahun ini.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Ciputra Development Tulus Santoso menyampaikan bahwa pihaknya akan menerbitkan MTN 2021 dengan nilai lebih dari 20 persen dari ekuitas. Namun nilai emisi MTN kurang dari 50 persen ekuitas perseroan untuk periode yang berakhir pada 30 September 2020.

“Sehingga transaksi dimaksud di atas dapat dikategorikan sebagai Transaksi Material sebagaimana diatur dalam Peraturan OJK No. 17/POJK.04/2020 tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha,” tulis Tulus dalam keterbukaan informasi, Rabu (20/1/2021).

Berdasarkan laporan keuangan per 30 September 2020, emiten dengan kode CTRA itu membukukan total ekuitas senilai Rp16,86 triliun. Dengan demikian, nilai MTN yang akan diterbitkan tersebut akan berada ada rentang Rp3,37 triliun — Rp8,43 triliun.

CTRA telah meningkatkan batas MTN yang dapat diterbitkan berdasarkan Programme Agreement menjadi 400 juta dolar Singapura dari sebelumnya 200 juta dolar Singapura. 

Berdasarkan kurs transaksi Bank Indonesia pada 20 Januari 2021, 1 dolar Singapura sama dengan Rp10.553. Dengan demikian batas 400 juta dolar Singapura setara dengan Rp4,22 triliun.

Namun, dari program itu, perseroan telah menerbitkan MTN senilai 150 juta dolar Singapura dengan suku bunga 4,85 persen pada 20 September 2017.

MTN 2017 itu akan jatuh tempo pada 23 September 2021 dan MTN yang diterbitkan tahun ini (MTN 2021) akan digunakan untuk melunasi surat utang tersebut,

Untuk itu, perseroan akan melakuan permohonan persetujuan (consent solicitation) kepada para pemegang MTN untuk menyetujui perubahan tertentu dari ketentuan MTN 2017.

CTRA juga akan menawarkan kepada pemegang MTN 2017 untuk pembelian kembali jumlah terutang 150 juta dolar Singapura dan meminta persetujuan untuk menerbitkan MTN baru sesuai dengan Programme Agreement yang telah diperbarui.

Sebelumnya, lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings menyematkan peringkat B+ dengan outlook stabil untuk medium-term notes (MTN) yang akan diterbitkan Ciputra Development tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper