Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lirik Tambang Emas, Darma Henwa (DEWA) Akuisisi Perusahaan Ini

PT Darma Henwa Tbk. mengakuisisi mayoritas saham PT Sabina Mahardika, perusahaan yang secara tidak langsung memiliki proyek potensial tambang emas dan mineral di Aceh
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 15 Januari 2021  |  13:59 WIB
Logo PT Darma Henwa Tbk - Istimewa
Logo PT Darma Henwa Tbk - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA— Emiten kontraktor tambang dan energi entitas Grup Bakrie PT Darma Henwa Tbk. mengumumkan akuisisi atas saham PT Sabina Mahardika. Akuisisi dilakukan guna mendiversifikasi jenis usaha perseroan. 

Pengambil alihan saham Sabina Mahardika dilakukan pada 16 Desember 2020. Emiten berkode DEWA itu mengakuisisi 99,9 persen saham perusahaan tersebut. Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Jumat (15/1/2021), Sabina Mahardika disebutkan memiliki proyek potensial tambang emas dan mineral di Aceh secara tidak langsung. 

“Proses akuisisi SM sebagai salah satu upaya Perseroan dalam ekspansi dan diversifikasi usahanya untuk dapat meningkatkan nilai tambah Perseroan di masa yang akan datang,” tulis manajemen DEWA.

Meskipun demikian, perseroan tidak memerinci berapa nilai yang disepakati kedua perusahaan atas akuisisi tersebut. 

Hingga pukul 13.58 WIB, saham DEWA melejit dan meninggalkan level harga saham terendah. Saham DEWA terpantau naik 6 persen ke level 53. Saham DEWA diperdagangkan sebanyak 1,94 miliar lembar senilai Rp102,76 miliar.

Sebelumnya, pada Rabu (13/1/2021) lalu, DEWA juga mengumumkan rencana aksi korporasi Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) atau private placement dengan dana yang dibidik mencapai Rp352,24 miliar.

Untuk memuluskan aksi korporasi ini, DEWA akan meminta restu dari para pemegang saham lewat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 27 Januari 2021.

Emiten berkode saham DEWA tersebut akan menerbitkan saham biasa seri B sebanyak 5,87 miliar saham dalam aksi private placement dengan harga pelaksanaan Rp60 per saham. Dengan demikian, DEWA akan mengantongi dana segar sekitar Rp352,24 miliar.

Namun, dana tersebut tidak akan diterima dalam bentuk tunai karena perseroan akan langsung membayar kewajibannya kepada High Rank Investment Ltd. (HI) senilai US$23,80 juta dengan kurs yang disepakati Rp14.800 per dolar AS sehingga nilai keseluruhan menjadi Rp352,24 miliar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Emas Hari Ini akuisisi darma henwa tbk
Editor : Rivki Maulana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top