Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Kedelai Global Masih Bertahan di Kisaran Level Tertinggi 2015

Sepanjang tahun berjalan 2021, harga kedelai di bursa komoditas Chicago telah naik 3,7 persen. Pergerakan itu pun melanjutkan tren penguatan yang terjadi pada tahun lalu.
Pekerja menyortir kedelai yang baru tiba di gudang penyimpanan di Kawasan Kebayoran Lama, Jakarta, Rabu (19/2/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pekerja menyortir kedelai yang baru tiba di gudang penyimpanan di Kawasan Kebayoran Lama, Jakarta, Rabu (19/2/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Harga kedelai berjangka masih bertahan di sekitar level tertinggi dalam lebih dari 6 tahun terakhir seiring dengan kekeringan yang melanda Amerika Selatan dan tren pelemahan dolar AS.

Berdasarkan data Bloomberg pada perdagangan Kamis (7/1/2021) hingga pukul 14.58 WIB, harga kedelai berjangka untuk kontrak Maret 2021 di bursa Chicago naik 0,2 persen ke posisi US$13,64 per bushel, level tertinggi sejak 2015.

Sepanjang tahun berjalan 2021, harga telah naik 3,7 persen. Pergerakan itu pun melanjutkan tren penguatan yang terjadi pada tahun lalu. Pada 2020, harga meroket hingga 39,48 persen.

Analis pasar Farm Futures Jacqueline Holland mengatakan bahwa saat ini pasar kedelai masih dibayangi tekanan pasokan, terutama dari AS sebagai produsen kedelai terbesar kedua di dunia.

“Persediaan kedelai di AS diperkirakan menyusut ke level terendah dalam sejarah pada akhir tahun penanaman periode 2020-21,” ujar Holland seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (7/1/2021).

Sementara itu, Kepala Analis S&P Global Platt Peter J. Meyer mengatakan bahwa sentimen yang terjadi di Argentina tetap menjadi fokus pasar saat ini.

“Baik itu cuaca, pekerja pelabuhan yang mogok, tidak katalis yang lebih kuat selain dukungan harga yang datang dari Argentina,” ujar Meyer seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (7/1/2021).

United States Department of Agriculture (USDA) melihat adanya potensi pengurangan produksi kedelai dari Argentina karena cuaca kering yang melanda negara produsen kedelai terbesar dunia itu.

Selain itu, pemogokan massal yang terjadi di sejumlah pelabuhan di Argentina menjadi sentimen karena kekhawatiran pasar terhadap pengiriman komoditas itu di tengah pasokan yang sudah sulit.

Belum lagi, pasar juga khawatir adanya kebijakan proteksionisme makanan oleh Argentina untuk kedelai, setelah pemerintah negara itu sebelumnya menangguhkan ekspor jagung seiring dengan pasokan komoditas itu yang juga tengah dalam tekanan.

Sementara itu, salah satu perusahaan agrikultur Cargill Inc menjelaskan bahwa permintaan kedelai juga tengah menguat dipimpin oleh China, importir terbesar dunia.

Di sisi lain, tren pelemahan dolar AS juga telah menjadi salah satu katalis positif harga karena akan membuat kedelai lebih murah bagi investor dengan denominasi mata uang selain dolar AS.

Indeks dolar AS yang mengukur kekuatan greenback di hadapan sekeranjang mata uang utama berada di posisi 89,557.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper