Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BEI Rilis Indeks ESG Leaders, Isinya Emiten Top Semua

Indeks IDX ESG Leaders dibangun berdasarkan penerapan ESG oleh perusahaan tercatat. Indeks ini dapat digunakan sebagai underlying bagi produk pasar modal lainnya seperti reksa dana atau Exchange Traded Funds (ETF).
Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (12/11/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (12/11/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan indeks baru bernama IDX ESG Leaders. Saham-saham yang masuk indeks ini merupakan emiten yang memiliki skor unggul dalam aspek kelingkungan, sosial dan juga tata kelola atau Environmental, Social, and Governance (ESG).

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan indeks IDX ESG Leaders dibangun berdasarkan penilaian risiko ESG untuk mengukur sejauh mana penerapan ESG dilakukan oleh perusahaan tercatat. Skor ESG yang unggul berarti emiten memiliki manajemen yang menerapkan tata kelola yang baik.

Dia menambahkan, peluncuran indeks ESG Leaders merupakan salah satu bentuk komitmen bursa dalam memperbanyak produk investasi yang dapat menjadi pilihan investor. Hal tersebut juga bentuk pengembangan investasi berkelanjutan dan peningkatan praktik Environmental, Social, and Governance (ESG) di pasar modal indonesia.

“Kehadiran indeks ini juga bisa dapat digunakan sebagai underlying bagi produk pasar modal lainnya seperti reksa dana atau Exchange Traded Funds (ETF). Sehingga, investor memiliki alternatif instrumen investasi yang lebih variatif,” katanya dalam acara peluncuran indeks IDX ESG Leaders secara daring pada Senin (14/12/2020).

Dalam pengembangan indeks ini, BEI bekerjasama dengan Sustainalytics, lembaga independen yang bergerak dalam bidang penelitian ESG dan tata kelola perusahaan, dalam penyediaan data ESG. 

Data ESG yang disediakan berupa penilaian risiko ESG dan analisis kontroversi yang akan menjadi dasar dalam penetapan konstituen Indeks IDX ESG Leaders. Proses pemilihan konstituen Indeks IDX ESG Leaders dilakukan melalui beberapa tahap.

Pertama,  BEI menetapkan saham-saham semesta untuk pemilihan Indeks IDX ESG Leaders yaitu dari konstituen Indeks IDX80 yang memiliki skor risiko ESG dari Sustainalytics

Kedua, bursa engeluarkan saham-saham dengan kontroversi tinggi (kategori 4 dan 5). Ketiga, bursa dan Sustainalytics mengeluarkan saham-saham dengan skor risiko ESG pada kategori tinggi (high) dan berat (severe).

Ketiga, dari saham-saham yang tersisa, berdasarkan nilai risiko ESG terendah ditentukan konstituen Indeks IDX ESG Leaders terpilih yaitu sebanyak paling sedikit 15 saham dan paling banyak 30 saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper