Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Comeback! Saham Tambang Mineral Pimpin Kenaikan

Penguatan IHSG dipimpin oleh saham pertambangan mineral yaitu PT Central Omega Resources Tbk. (DKFT) naik 9 persen, diikuti saham PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) naik 5,73 persen, dan saham PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) yang naik 4,48 persen.
Karyawan menunjukan logam mulia di Butik Emas Antam, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Karyawan menunjukan logam mulia di Butik Emas Antam, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks harga saham gabungan berada di zona hijau pada pembukaan perdagangan Jumat (11/12/2020), melanjutkan tren penguatan

Hingga pukul 09.05 WIB, indeks harga saham gabungan (IHSG) berada di posisi 5.956,896, naik 0,39 persen setelah dibuka menguat di level 5.946,359.

Dari keseluruhan konstituen, sebanyak 209 saham berhasil menguat, 79 saham melemah, sedangkan 179 saham lainnya tampak tidak bergerak dari posisi pada perdagangan sebelumnya.

Investor asing tercatat melakukan transaksi net buy sebesar Rp95,24 miliar dengan sasaran aksi beli ke saham perbankan, yaitu PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) sebesar Rp140,4 miliar, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI ) sebesar Rp21,5 miliar, dan PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BBNI) sebesar Rp6,2 miliar.

Adapun, penguatan IHSG dipimpin oleh saham pertambangan mineral yaitu PT Central Omega Resources Tbk. (DKFT) naik 9 persen, diikuti saham PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) naik 5,73 persen, dan saham PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) yang naik 4,48 persen.

Sementara itu, saham-saham farmasi mengisis jajaran top losers. Pelemahan dipimpin oleh saham PT Itama Ranoraya Tbk. (IRRA) yang turun 6,99 persen, PT Kimia Farma Tbk. (KAEF) yang turun 6,92 persen, dilanjutkan PT Indofarma Tbk. (INAF) yang melemah 6,83 persen.

Sebelumnya, Direktur Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan dalam jangka pendek pergerakan IHSG masih akan berada pada fase konsolidasi wajar terutama jika tidak dapat bertahan di atas level resistance terdekat.

“Masih terjadinya capital outflow serta fluktuasi nilai tukar rupiah juga turut memberikan sentimen terhadap pergerakan IHSG, hari ini [Jumat] IHSG berpotensi terkonsolidasi,” tulis William dalam riset harian, Jumat (10/12/2020).

William pun memperkirakan IHSG akan bergerak pada rentang 5.821 — 5.998 pada perdagangan akhir pekan ini dengan rekomendasi saham a.l. BBCA, PWON, SMGR, KLBF, INDF, JSMR, dan SMRA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Finna U. Ulfah
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper