Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Buyback Obligasi Hampir Rp2 Triliun, Saham Emiten Kapal Ini Berlayar Kencang

Saham PT Soechi Lines Tbk melesat di atas 20 persen pada awal perdagangan hari ini, Jumat (4/12/2020). Sebelumnya perseroan mengumumkan bakal melakukan buyback obligasi maksimal US$140 juta atau hampir setara Rp2 triliun.
Kapal tanker Success Fortune XL milik PT Soechi Lines. Kapal ini memiliki kapasitas hampir 300.000 DWT dan menjadi salah satu kapal andalan perseroan./soechi.com
Kapal tanker Success Fortune XL milik PT Soechi Lines. Kapal ini memiliki kapasitas hampir 300.000 DWT dan menjadi salah satu kapal andalan perseroan./soechi.com

Bisnis.com, JAKARTA - Laju saham emiten pelayaran PT Soechi Lines Tbk. melesat lebih dari 20 persen  di awal perdagangan hari ini, Jumat  (4/12/2020). Kenaikan saham terjadi sehari setelah perseroan mengumumkan penawaran pembelian kembali obligasi perseroan maksimal Rp1,97 triliun.

Berdasarkan data Bloomberg, saham berkode SOCI naik 33 poin atau 22,76 persen ke level 178 pada pukul 09.55 WIB. Saham SOCI dibuka di level 146 atau 1 poin lebih tinggi dari posisi penutupan kemarin. Hampir sejam perdagangan dibuka, saham SOCI bergerak di level 145 hingga 183.

Total perdagangan saham SOCI mencapai 101,67 juta lembar dengan nilai transaksi Rp17,35 miliar. Dalam sebulan terakhir, saham SOCI naik 17,46 persen. Sementara itu, sejak awal tahun atau year to date, saham perusahaan pemilik tanker ini naik 196 persen.

Sebelumnya, SOCI mengumumkan pembelian kembali atau buyback pokok surat utang berdenominasi dolar AS yang akan jatuh tempo pada 2023.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan Soechi Lines Paula Marlina mengatakan buyback pokok surat utang tersebut dilakukan melalui Soechi Capital Pte. Ltd. entitas anak perseroan selaku penerbit surat utang. Soechi Lines merupakan pihak penjamin atas surat utang yang diterbitkan tersebut.

“[Buyback pokok obligasi] Merupakan bagian dari pengelolaan kewajiban perseroan dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian, diharapkan dapat mendukung kegiatan usaha perseroan dan/atau entitas anak perseroan dalam jangka panjang,” tulis Paula dalam keterbukaan informasi, Kamis (3/12/2020).

Emiten dengan kode saham SOCI ini telah memulai proses penawaran tender untuk membeli kembali sebanyak-banyaknya US$140 juta jumlah pokok yang terutang dari obligasi berdenominasi dolar AS. 

Dengan kurs Rp14.140, nilai tersebut setara dengan Rp1,97 triliun. Adapun, surat utang global milik SOCI tersebut memiliki tingkat bunga 8,375 persen per tahun dan akan jatuh tempo pada 2023.

Selain itu, SOCI juga telah memulai proses permohonan persetujuan kepada para pemegang obligasi global tersebut untuk menyetujui perubahan tertentu atas ketentuan yang diatur dalam Indenture tertanggal 31 Januari 2018.

Seiring dengan kedua proses yang disebut rencana transaksi itu, SOCI juga telah menandatangani Dealer Manager Agreement dengan Soechi Capital dan Standard Chartered Bank (Singapore) Ltd. Proses penawaran tender dan permohonan persetujuan ini akan berakhir pada 8 Desember 2020 kecuali ditentukan lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper