Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Euforia Vaksin dan Pilpres AS Mulai Reda, Reli Pasar Asia Mulai Melambat

Bursa Asia dibuka menguat pada perdagangan hari ini, menyusul kenaikan di bursa Amerika Serikat. Investor meyakini bahwa vaksin virus corona akan membuat perekonomian global dapat dibuka secara normal pada tahun depan.
Tokyo Stock Exchange./Bloomberg
Tokyo Stock Exchange./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa Asia dibuka menguat pada perdagangan Selasa (17/11/2020). Meski demikian, reli pasar terpantau melambat setelah optimisme pasar terhadap sentimen vaksin virus corona mereda.

Dilansir dari Bloomberg pada Selasa (17/11/2020), indeks Topix Jepang menguat 0,1 persen, indeks Kospi Korea Selatan terpantau naik 0,35 persen, sedangkan indeks ASX 200 Australia naik 0,4 persen.

Berita vaksin menambah pendorong lain untuk saham global setelah optimisme pekan lalu mendorong rotasi ke saham sektor nilai dan siklus, dan keluar dari industri yang lebih defensif. Investor meyakini bahwa vaksin virus corona akan membuat perekonomian global dapat dibuka secara normal pada tahun depan.

Chris Iggo, Chief Investment Officer AXA Investment Managers Core Investments menyatakan, saat ini pasar tengah bergerak dari pola bullish defensif menuju siklikal ofensif. Namun, pasar masih membutuhkan kejelasan terkait mobilitas kegiatan ekonomi ditengah kabar terjadinya lockdown.

“Hal tersebut belum cukup jelas saat ini. Euforia pemilihan presiden AS dan pengumuman vaksin akan mereda dan menghasilkan adanya analisa yang lebih mendalam terkait jalan menuju pemulihan ekonomi global,” jelasnya.

Namun, kekhawatiran tentang pemulihan ekonomi yang berkelanjutan tetap ada di tengah maraknya kasus virus di seluruh dunia. Pandemi terus meningkat di Eropa dan kasus virus corona Amerika Serikat telah mencapai 11 juta.

Sebelumnya, bursa saham Amerika Serikat atau Wall Street mencetak rekor tertinggi setelah berita positif tentang vaksin Covid-19 membuka peluang pembukaan kembali ekonomi. Sejalan dengan sentimen vaksin Covid-19, saham-saham stay at home ramai dilego investor.

Dilansir dari Bloomberg, pada perdagangan Senin (16/11/2020), indeks S&P 500 ditutup menguat 0,94 persen ke level 3.618,94. Sementara itu indeks Dow Jones Industrial Average dan Nasdaq Composite masing-masing naik 1,6 persen dan 0,80 persen.

Pada perdagangan hari ini, indeks Dow Jones bahkan sempat menyentuh rekor di level 30.000 sebelum ditutup di level 29.950,44.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper