Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Joe Biden Menang Pilpres AS, Bagaimana Imbasnya ke Obligasi Indonesia?

Kemenangan Joe Biden dipastikan setelah dia memenangkan 284 suara elektoral berkat tambahan 20 suara dari Pennyslvania. Apa dampak terpilihnya Biden terhadap obligasi Indonesia?
Ilustrasi OBLIGASI. Bisnis/Abdullah Azzam
Ilustrasi OBLIGASI. Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat dinilai akan menurunkan tingkat volatilitas di pasar obligasi Indonesia. Potensi kembali masuknya modal asing (capital inflow) melalui instrumen ini pun kian terbuka lebar.

Ekonom CORE Yusuf Rendy Manilet mengatakan kemenangan Joe Biden dalam pilpres AS akan berdampak positif bagi pasar obligasi di Indonesia. Menurutnya, periode ketidakpastian yang tercipta pada masa pemerintahan Presiden Donald Trump tidak akan terulang.

"Terpilihnya Biden akan menstimulasi positif pasar keuangan," katanya saat dihubungi pada Minggu (8/11/2020).

Sentimen positif tersebut akan berdampak pada kembali masuknya modal asing melalui pasar obligasi Indonesia. Investor memandang volatilitas di pasar obligasi Indonesia sudah rendah setelah pilres AS rampung.

Selain itu, imbal hasil (yield) pasar obligasi Indonesia juga terbilang menarik untuk ukuran tren suku bunga rendah saat ini. Dengan kebutuhan pembiayaan yang besar sebagai bagian dari proses pemulihan ekonomi, penerbitan obligasi akan relatif bertambah di tahun ini.

"Dengan imbal hasil yang masih menarik, hal ini tentu akan mendorong inflow asing untuk kembali masuk," ujarnya.

Menurut data dari laman World Government Bonds, tingkat imbal hasil obligasi Indonesia dengan tenor 10 tahun terpantau di level 6,439 persen. Dalam sebulan terakhir, yield obligasi Indonesia menunjukkan tren penguatan sebesar 54,7 basis poin.

Yusuf melanjutkan, ke depannya, pasar obligasi juga akan dipengaruhi sentimen dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang disalurkan pemerintah. Menurutnya, komponen bantuan untuk perlindungan sosial dan UMKM akan membawa perekonomian Indonesia ke arah lebih baik.

Selain itu, proses pemulihan ekonomi, tanpa adanya gelombang kedua virus corona juga berpotensi berdampak baik. Proses pemulihan ekonomi yang menujukkan hasil positif di tahun depan, lanjutnya, akan selaras dengan minat investor di pasar obligasi.

Sebelumnya, calon Presiden dari Partai Demokrat Joe Biden mengalahkan Donald Trump dalam kontes menuju Gedung Putih dan menjadi presiden terpilih Amerika Serikat ke-46.

Dilansir dari Bloomberg, kemenangan Biden dipastikan setelah dia memenangkan 284 suara elektoral berkat tambahan 20 suara dari Pennyslvania, melampaui 270 suara yang dibutuhkan untuk mengamankan kursi kepresidenan.

Dengan kemenangan ini, pasangan Biden, Senator California Kamala Harris, menjadi wanita kulit hitam dan keturunan India-Amerika pertama yang menjabat sebagai wakil presiden.

Biden juga akan menjadi presiden terpilih tertua dalam sejarah AS dan yang pertama menggulingkan presiden petahana setelah satu masa jabatan sejak Bill Clinton mengalahkan George H.W. Bush pada tahun 1992.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper