Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produsen Keramik Essenza Siap Relokasi Pabrik di China ke Indonesia

IKAI memiliki sejumlah rencana strategis seperti pembelian lini produksi dari pihak lain, akuisisi pabrik kompetitor, dan relokasi pabrik China ke Indonesia.
Ilustrasi produk keramik Essenza dari PT Intikeramik Alamsari Industri Tbk.
Ilustrasi produk keramik Essenza dari PT Intikeramik Alamsari Industri Tbk.

Bisnis.com, JAKARTA - Entitas anak usaha PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk., PT Internusa Keramik Alamasri, berencana untuk merelokasi pabrik China ke Indonesia hingga akuisisi pabrik kompetitor sebagai salah satu rencana strategis pengembangan usaha perseroan.

Direktur Pelaksana Internusa Keramik Alamasri Angelica Lie mengatakan bahwa perseroan tengah aktif melakukan pengembangan usaha melalui penjajakan aliansi strategis dan akuisisi lini produksi baru untuk memperbesar skala usahanya.

Dia menjelaskan alternatif rencana strategis tersebut antara lain pembelian lini produksi dari pihak lain, akuisisi pabrik kompetitor, relokasi pabrik China ke Indonesia, dan lain-lain.

Adapun, Angelica mengaku saat ini tengah melakukan survei pabrik di China dan mengkaji potensi relokasinya di Indonesia.

“Kami juga telah menunjuk konsultan investasi untuk membantu identifikasi calon mitra strategis. China akan menjadi kandidat potensial karena tertutupnya pasar mereka terhadap negara lain sehingga menjadi peluang yang harus dimanfaatkan. Tunggu saja realisasinya dalam waktu dekat,” ujar Angelica seperti dikutip dari keterangan resminya, Senin (2/11/2020).

Selain mempersiapkan rencana pengembangan bisnis secara non-organik tersebut, Angelica menjelaskan perseroan juga mempersiapkan rencana strategis secara organik, salah satunya mempertahankan kualitas operasional yang prima melalui keunggulan produk berkualitas dan lini produksi yang efisien.

Perseroan juga tengah mengembangkan pasar ekspor baru. Terbaru, pada medio September 2020 perseroan melakukan pengiriman pertama produk keramik brand Essenza ke pasar AS.

Menurut Angelica, penurunan harga gas industri mulai tahun ini telah memberikan proteksi bagi produsen keramik lokal sehingga harga jual brand Essenza dapat bersaing dengan harga jual dunia terutama, untuk melawan produk keramik China.

Selain itu, embargo AS, Eropa, Australia terhadap produk China juga telah menjadi peluang bagi perseroan untuk mengambil ceruk pasar tersebut sehingga dapat menjaga pertumbuhan kinerja emiten berkode saham IKAI itu secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Finna U. Ulfah
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper