Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Transmart Digugat PKPU, Begini Gurita Bisnis CT Corpora

CT Corpora membawahkan tiga perusahaan holding untuk mengkonsolidasikan bisnisnya, yaitu Mega Corpora, Trans Corporation, dan CT Global Resources
M. Nurhadi Pratomo dan Rivki Maulana
M. Nurhadi Pratomo dan Rivki Maulana - Bisnis.com 07 Oktober 2020  |  09:52 WIB
Chairul Tanjung  -  bankmega.com
Chairul Tanjung - bankmega.com

Bisnis.com, JAKARTA - CT Corpora tengah menghadapi gugatan yang diajukan kepada salah satu entitas bisnisnya, PT Trans Retail Indonesia. 

Perusahaan pengelola hipermarket Transmart Carrefour itu mendapat gugatan penundaan kewajiban pembayaran utang oleh PT Tritunggal Adyabuana 

Berdasarkan data Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang dikutip Senin (5/10/2020), Trans Retail Indonesia menjadi termohon dalam perkara nomor 319/Pdt.Sus-PKPU/2020/PN Niaga Jkt.Pst.

Pendaftaran perkara dilakukan pada Rabu 30 September 2020. Klasifikasi perkara adalah penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU).

Trans Retail Indonesia merupakan bagian dari Trans Corporation hadir dengan merek Carrefour, Transmart, dan Groserindo. Jumlah pegawai yang dimiliki lebih dari 12.000 pegawai.

Sekadar mengingatkan, CT Corpora mengakuisisi 60 persen saham Trans Retail Indonesia pada 2012 dari  Carrefour Nederland B.V dan Onesia B.V senilai 525 juta Euro atau US$671 juta. Akuisisi tersebut merupakan lanjutan dari pengambilalihan 40 persen saham Carrefour pada 2010. 

Trans Corporation merupakan 1 dari 3 subholding di bawah naungan CT Corpora, kelompok usaha milik Chairul Tanjung. Selain Trans Corp, CT Corpora juga membawahkan Mega Corpora dan CT Global Resources.

Berdasakan perhitungan Forbes, Chairul Tanjung memiliki kekayaan bersih US$3,6 miliar atau setara Rp triliun. Chairul Tanjung masuk daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada 2019 di urutan ke-9.

Berikut portofolio bisnis CT Corpora, dilansir dari laman resmi perseroan.

Trans Corp

Dilansir dari laman resmi CT Corpora, Trans Corp merupakan sub holding dari bisnis media, food and beverage, ritel, perhotelan, dan taman bermain. Di bidang media, Trans Corp membawahkan tiga stasiun televisi, yaitu Trans TV, Trans 7, dan CNN Indonesia. Trans Corp juga membawahkan portal berita detik.com

Adapun di sektor ritel, selain Transmart Carrefour, sayap bisnis CT Corpora merambah Trans Studio Mall di Bandung dan Makassar, Department Store Metro, dan Trans Fashion. 

Tidak ketinggalan, Trans Corp juga memiliki Trans Luxury Hotel di Bandung dan The Trans Resort di Bali. Trans Corp juga memiliki saham signifikan di PT Garuda Indonesia (Persero).

Mega Corpora

Di sektor jasa keuangan, CT Corpora mengkonsolidasikan bisnisnya di bawah naungan Mega Corpora. Holding ini mencakup bisnis perbankan, asuransi, pembiayaan, dan pasar modal.

Di bisnis bank, Mega Corpora memiliki PT Bank Mega Tbk. dan PT Bank Mega Syariah. Mega Corpora juga memiliki saham di dua bank pembangunan daerah, yaitu Bank Sulut dan Bank Sulteng.

Per Juni 2020, aset Bank Mega mencapai Rp99,23 triliun dengan ekuitas Rp15,3 triliun. Adapun Bank Mega Syariah memiliki aset Rp8,62 triliun dengan ekuitas Rp1,3 triliun.

Di Bank Sulut, Mega Corpora memiliki saham 24,51 persen. Aset Bank Sulut per Juni 2020 mencapai Rp14,05 triliun dengan ekuitas Rp1,41 triliun.

Sementara itu di Bank Sulteng Mega Corpora juga memiliki 24 persen saham. Aset bank ini per Juni 2020 mencapai Rp7,61 triliun dengan ekuitas Rp1,06 triliun

CT Global Resource

CT Corpora juga merambah bisnis perkebunan lewat CT Agro. Perusahaan ini mengelola 60.000 lahan perkebunan sawit di Kalimantan. Bisnis perkebunan dimulai pada 2008 dan diperkirakan bisa memulai panen pada 2012.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

chairul tanjung ct corp TRANSMART Carrefour
Editor : Rivki Maulana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top