Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dana Kelolaan FUNDtastic Naik 20 Persen per Bulan

Dana kelolaan reksa dana yang ditransaksikan di FUNDtastic, lebih banyak masuk ke reksa dana pasar uang dengan pangsa mencapai 70 persen.
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis/Himawan L Nugraha
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Platform investasi dan aplikasi pengelola keuangan FUNDtastic mencatatkan lonjakan total dana kelolaan reksa dana yang dihimpun pada masa pandemi. 

Kenaikan dana kelolaan atau asset under management (AUM) terjadi seiring dengan peningkatan jumlah investor yang menggunakan aplikasi FUNDtastic untuk membeli produk reksa dana.

Co-founder dan CIO FUNDtastic, Franky Chandra mengungkapkan kenaikan dana kelolaan reksa dana yang dihimpun dalam platform FUNDtastic mencapai 10 persen - 20 persen setiap bulannya. 

Dia mengakui, sempat terjadi penurunan pada Maret-Mei 2020, bersamaan dengan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di beberapa wilayah. Kendati demikian kesadaran masyarakat akan kebutuhan dana darurat mulai terlihat sejak Juni yang diikuti dengan kenaikan dana kelolaan di industri reksa dana sekitar 2 persen - 4 persen setiap bulannya hingga Agustus 2020.

“Masyarakat mulai paham saat terjadi krisis dan resesi, dana darurat itu penting. Yang menarik bukan hanya itu, bahkan mereka juga paham dan memilih sesuai kebutuhan, masuknya ke pasar uang,” kata Franky melalui keterangan resmi, Jumat (2/10/2020).

Dari total kenaikan dana kelolaan reksa dana yang ditransaksikan di FUNDtastic, terpantau dana lebih banyak masuk ke reksa dana pasar uang mencapai 70 persen. Sisanya, sebesar 20 persen dana dana kelolaan di FUNDtastic merupakan investasi di reksa dana saham dan 10 persen di reksa dana pendapatan tetap.

Adapun, reksa dana pasar uang disebut merupakan produk yang paling tahan banting pada masa pandemi karena underlying asset-nya terdiri dari aset deposito perbankan yang sangat aman.

Selain pertumbuhan dana kelolaan reksa dana, Franky menyebut kenaikan pertumbuhan nasabah di FUNDtastic juga cukup pesat naik sekitar 56 persen menjadi 25.000 pengguna per September 2020 dari posisi pada Maret 2020 sebesar 16.000.

Jumlah tersebut belum termasuk jumlah user Invisee sebanyak 87.000 pengguna, yang akan digabungkan ke dalam platform FUNDtastic pada Oktober ini.

Sejak beroperasi pada akhir 2019, tercatat dana kelolaan FUNDtastic senilai RP106 miliar. Sejauh ini, FUNDtastic telah menggandeng 12 manajer investasi untuk mendistribusikan produk reksa dananya di dalam platform perseroan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Rivki Maulana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper