Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pekerja di pabrik sawit mengolah tandan buah segar menjadi CPO. - Bloomberg / Joshua Paul
Premium

Harga Batu Bara dan CPO Melaju, Emiten Mana Paling Diuntungkan?

02 Oktober 2020 | 07:41 WIB
Kenaikan harga komoditas batu bara dan minyak sawit (CPO) di pasar global mendatangkan sentimen positif bagi emiten di pasar modal Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA – Kenaikan harga batu bara dan minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) menjadi penggerak saham di sektor perkebunan dan energi. Jika bertahan lama, dampak positif juga akan dirasakan oleh sejumlah sektor lainnya. Waktunya masuk saham apa?

Dalam beberapa bulan terakhir, kedua komoditas tersebut mengalami peningkatan harga yang signifikan, khususnya batu bara. Mengutip data Bloomberg, harga batu bara Newcastle melompat 22,72 persen dari US$50,4 per ton pada 24 Agustus 2020, menjadi US$61,85 per ton pada Kamis (1/10/2020).

Sejalan dengan itu, harga CPO kontrak Desember 2020 juta telah menguat 37,8 persen dalam 2 bulan terakhir. Harga CPO naik dari 2.050 ringgit per ton pada 6 Mei 2020, ke harga 2.825 ringgit per ton per Kamis (1/10/2020).

Head of Equity Trading MNC Sekuritas Medan Frankie Prasetio mengatakan dua komoditas ini memiliki dampak yang cukup besar terhadap ekonomi domestik. Peningkatan harga yang tengah terjadi saat ini diperkirakan akan memberi dampak positif terhadap ekonomi.

“Secara umum, kalau harga komoditas bagus maka banyak sektor yang akan terdampak positif karena sektor sawit berkontribusi 27 persen terhadap lapangan kerja dan sektor pertambangan sekitar 9 persen,” katanya kepada Bisnis, Kamis (1/10/2020).

Dia mengatakan baik batu bara maupun CPO telah mengalami pergerakan harga yang membentuk kurva ‘V’, atau mengalami peningkatan tajam. Menurutnya hal ini menjadi indikasi yang positif terhadap perbaikan ekonomi Indonesia ke depan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top