Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dibayangi Sentimen Debat Capres AS, Bursa Eropa Menguat Tipis

Penguatan indeks Stoxx 600 ditopang oleh laju saham sektor asuransi dan utilitas.
Bursa Efek Frankfurt, Jerman./Bloomberg
Bursa Efek Frankfurt, Jerman./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa Eropa dibuka fluktuatif menyusul debat pertama presiden Amerika Serikat antara petahana Donald Trump dan kandidat presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden yang berjalan sengit.

Dilansir dari Bloomberg pada Rabu (30/9/2020), indeks Stoxx Europe 600 dibuka fluktuatif sebelum menguat 0,1 persen hingga pukul 08.38 waktu London, Inggris. Penguatan indeks ditopang oleh laju saham sektor asuransi dan utilitas.

Perhatian investor tertuju pada debat presiden pertama antara Donald Trump dan Joe Biden pada hari ini. Debat yang berjalan sengit tersebut juga diwarnai oleh pernyataan Trump terkait voting jarak jauh yang menimbulkan risiko manipulasi suara.

“Debat ini menjadi bentuk konfirmasi untuk pelaku pasar bila Biden menang, Trump tidak akan menerimanya begitu saja,” ujar Chris Weston, Head of Research Pepperstone Group Ltd. di Melbourne.

Sementara itu, penyesuaian portofolio investasi oleh para pemilik modal juga dilakukan pada hari terakhir kuartal III/2020. Saham Walt Disney Co. terkoreksi dalam menyusul rencana pemangkasan 28.000 tenaga kerjanya akibat pandemi virus corona. 

Para pelaku pasar juga terus memantau negosiasi antara pemerintahan Trump dan Demokrat di Kongres terkait paket stimulus mencapai titik kritis. Ketua DPR Nancy Pelosi dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin berbicara pada Selasa pagi selama 50 menit dan akan berbicara lagi pada Rabu.

Sebelumnya, mayoritas bursa Asia ditutup dengan melemah setelah rilis data manufaktur China dan debat pertama presiden Amerika Serikat antara petahana Donald Trump dan kandidat presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden yang berjalan sengit.

Indeks S&P/ASX 200 Australia menutup hari di zona merah setelah parkir di posisi 5.815,90 atau merosot 2,29 persen. Indeks Topix Jepang juga terpantau turun 1,97 persen di level 1.625,49.

Sementara itu, indeks Shanghai Composite terkoreksi 0,05 persen pada level 3.222,71. Indeks Hang Seng Hong Kong terpantau naik 0,82 persen di level 23.467,15.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper