Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garap Tambang Eks Freeport, Bisnis Emas Antam (ANTM) Bisa Makin Moncer

Antam masih aktif melakukan kegiatan eksplorasi di wilayah Izin Usaha Pertambangan Pongkor dan meninjau daerah prospek seperti di wilayah Pegunungan Bintang, Papua dan Papandayan, Jawa Barat. Kapasitas produksi emas Antam saat ini mencapai 2 juta ton per tahun.
Emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk./mind.id
Emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk./mind.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk., meyakini dukungan dari Kementerian BUMN untuk menggarap lahan eks tambang Freeport dapat memperkuat portofolio komoditas emas perseroan.

SVP Corporate Secretary Aneka Tambang Kunto Hendrapawoko mengatakan perseroan menyambut baik dukungan yang diberikan Kementerian BUMN. 

“Kesempatan ini menjadi prospek yang baik bagi Antam sebagai bagian dari Holding Industri Pertambangan MIND ID untuk memperkuat portofolio komoditas emas perseroan,” ujar Kunto kepada Bisnis, Rabu (23/9/2020).

Adapun, emiten berkode efek ANTM itu masih aktif melakukan kegiatan eksplorasi di wilayah IUP (Izin Usaha Pertambangan) perseroan seperti di Pongkor. Bahkan, saat ini ANTM mengaku tengah melakukan beberapa tinjauan di daerah prospek seperti di wilayah Pegunungan Bintang, Papua dan Papandayan, Jawa Barat.

Langkah itu juga sebagai upaya perseroaan menjaga kesinambungan jumlah sumber daya dan cadangan  mineral yang dimiliki dengan mengedepankan operasi sesuai dengan prinsip-prinsip penambangan yang baik.

Menurut Kunto, tinjauan ke wilayah prospektif juga menjadi bukti bahwa perseroan merupakan perusahaan komoditas yang mengelola komoditas emas dari hulu ke hilir, tidak hanya sebagai perusahaan perdagangan emas.

Kunto menjelaskan aktivitas bisnis perseroan di komoditas emas mulai dari eksplorasi, penambangan yang dilakukan di tambang emas Pongkor dan Cibaliung hingga pengelolaan emas yang dilakukan melalui Pabrik Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia yang dikelola UBPP Logam Mulia.

“Saat ini kapasitas produksi dari tambang emas Antam ada di kisaran 2 ton per tahun,” papar Kunto.

Untuk diketahui, Menteri BUMN Erick Thohir mengaku sudah mengirim surat kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif agar ANTM dapat mengelola lahan tambang bekas PT Freeport Indonesia yang sudah diberikan ke negara.

Menurut Erick, pengelolaan tambang eks Freeport oleh Antam membuat perusahaan pelat merah itu tidak sekadar menjadi perantara, tetapi menjadi perusahaan penambang emas.

“Apalagi kalau kita lihat sangat menyakitkan prospek emas di Indonesia, menjadi salah satu suplier terbesar. Dalam kondisi seperti ini harga emas juga sangat baik. Karena itu kita memberanikan diri masuk ke lahan eks Freeport itu,” ujar Erick dalam rapat bersama Komisi VI DPR di Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Pada penutupan perdagangan hari ini, saham ANTM ditutup menguat 15 poin atau 2,04 persen ke posisi 750. Saham ANTM dibuka di posisi 755 dan bergerak di rentang 735 s.d 780. Total transaksi perdagangan saham Antam mencapai 95,41 juta lembar dengan nilai transaksi Rp72,22 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Finna U. Ulfah
Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper