Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Telkom (TLKM) Konfirmasi Mitratel Bakal Melantai di Bursa Efek Indonesia

Telkom mengonfirmasi rencana membawa anak usahanya, Mitratel, untuk melakukan IPO di BEI.
Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Ririek Adriansyah menyapa wartawan seusai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Jumat (19/6/2020). Bisnis/Abdullah Azzam
Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Ririek Adriansyah menyapa wartawan seusai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Jumat (19/6/2020). Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) mengonfirmasi kabar soal rencana anak usahanya, PT Dayamitra Telekomunikasi Indonesia alias Mitratel untuk melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).

Vice President Corporate Communication Telkom Arief Prabowo mengatakan sebagai bagian dari pengelolaan portofolio perusahaan, Telkom Group tengah berupaya untuk melakukan optimalisasi bisnis dan aset yang dimiliki termasuk di dalamnya portfolio bisnis tower yang saat ini dikelola oleh anak perusahaan.

“Saat ini, memang ada wacana IPO Mitratel seperti yang disampaikan oleh Wamen II BUMN,” tuturnya kepada Bisnis, Rabu (16/9/2020) malam.

Lebih lanjut, Arief menuturkan perseroan saat ini dalam proses melakukan konsolidasi internal dan mengkaji rencana secara lebih detail terhadap wacana tersebut sebagai upaya value creation bisnis tower yang lebih menguntungkan bagi perusahaan.

“Tentunya implementasi rencana ini juga membutuhkan pertimbangan waktu yang tepat,” imbuh Arief, tanpa menjelaskan lebih lanjut mengenai kapan Mitratel akan melantai di bursa.

Dia juga menjanjikan Telkom sebagai perusahaan terbuka akan mematuhi prinsip tata kelola perusahaan yang baik seperti keterbukaan dalam menyampaikan informasi terhadap inisiasi bisnis yang perlu diketahui oleh publik.

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyatakan dalam rangka transformasi ekonomi, BUMN sangat terbuka kepada segala bentuk transformasi dan inovasi, baik melalui kerja sama strategis maupun pembaruan model bisnis.

“Ke depan juga dalam klaster yang ada kita akan lakukan IPO dan strategic partnership. Seperti Pertamina upsteram holding. Di Telkom nanti di menara yaitu Mitratel akan ada IPO,” ungkapnya, Rabu (16/9/2020)

Mitratel atau PT Dayamitra Telekomunikasi Indonesia merupakan anak usaha Telkom yang bergerak di bisnis menara telekomunikasi sejak 2008. Mitratel disebut-sebut sebagai perusahaan menara telko terbesar kedua di Indonesia dengan kepemilikan lebih dari 16.000 menara.

Adapun, rencana Telkom untuk membawa Mitratel mencari pendanaan melalui pasar modal sebenarnya telah dihembuskan sejak 2010 silam, yang mana perseroan menargetkan Mitratel bisa IPO sebelum 2013 sambil menunggu pengalihan menara Telkomsel.

Namun, wacana tersebut tak kunjung terlaksana hingga pada 2016 kabar IPO kembali mencuat setelah Mitratel batal melakukan tukar guling saham atau share swap dengan perusahaan menara lainnya, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG).

Sayangnya, hingga hari ini Mitratel ternyata belum juga melantai di bursa, meski kabar serupa sempat kembali mengudara 2019 lalu ketika Mitratel mengikuti lelang ribuan menara milik PT Indosat Tbk. (ISAT).

Akan tetapi kabar itu ditepis Direktur Keuangan Telkom kala itu, Harry M. Zein. “Tak ada sangkut paut dengan mau bawa Mitratel ke bursa saham. Belum ada rencana kesana,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper