Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Susul Pertamina, Telkom (TLKM) Bakal Bawa Anak Usaha untuk IPO?

Kementerian BUMN buka suara soal peluang IPO anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan./tlt.co.id
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan./tlt.co.id

Bisnis.com, JAKARTA — Badan usaha milik negara (BUMN) yang akan membawa anak usahanya melantai di bursa akan bertambah. Kali ini giliran PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM).

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam sebuah sesi diskusi daring yang diadakan pada Rabu, (16/9/2020) siang.

Pria yang akrab disapa Tiko ini mengatakan dalam rangka transformasi ekonomi, BUMN sangat terbuka kepada segala bentuk transformasi dan inovasi, baik melalui kerja sama strategis maupun pembaruan model bisnis.

“Ke depan juga dalam klaster yang ada kita akan lakukan IPO dan strategic partnership. Seperti Pertamina upsteram holding. Di Telkom nanti di menara yaitu Mitratel akan ada IPO,” ungkapnya, Rabu (16/9/2020)

Mitratel atau PT Dayamitra Telekomunikasi Indonesia merupakan anak usaha Telkom yang bergerak di bisnis menara telekomunikasi. Mitratel disebut-sebut sebagai perusahaan menara telko terbesar kedua di Indonesia dengan kepemilikan lebih dari 16.000 menara.

Adapun, rencana Telkom untuk membawa Mitratel mencari pendanaan melalui pasar modal sebenarnya telah dihembuskan sejak 2010 silam, yang mana perseroan menargetkan Mitratel bisa IPO sebelum 2013 sambil menunggu pengalihan menara Telkomsel.

Namun, wacana tersebut tak kunjung terlaksana hingga pada 2016 kabar IPO kembali mencuat setelah Mitratel batal melakukan tukar guling saham atau share swap dengan perusahaan menara lainnya, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG).

Sayangnya, hingga hari ini Mitratel ternyata belum juga melantai di bursa, meski kabar serupa sempat kembali mengudara 2019 lalu ketika Mitratel mengikuti lelang ribuan menara milik PT Indosat Tbk. (ISAT).

Akan tetapi kabar itu ditepis Direktur Keuangan Telkom kala itu, Harry M. Zein. “Tak ada sangkut paut dengan mau bawa Mitratel ke bursa saham. Belum ada rencana kesana,” ujarnya.

Bisnis telah berusaha menghubungi pihak Telkom dan Mitratel untuk mengonfirmasi kabar tersebut. Hingga berita ini ditulis pihak Telkom belum merespons, sedangkan pihak Mitratel menolak berkomentar.

“Terkait tentang informasi rencana IPO Mitratel, hal ini lebih tepat dikonfirmasi ke Telkom sebagai induk perusahaan kami karena Telkom yang lebih berwenang dalam melakukan corporate action tersebut,” demikian jawaban perwakilan Mitratel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper