Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perusahaan dengan Rating di Bawah AA Mulai Pede Terbitkan Surat Utang

Berdasarkan data pipeline emisi Bursa Efek Indonesia per 31 Agustus 2020, terdapat 20 perusahaan yang akan menerbitkan 23 surat utang berupa obligasi maupun sukuk.
 PT Danareksa Sekuritas/Bisnis.com
PT Danareksa Sekuritas/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan dengan peringkat utang lebih rendah dari AA mulai bersemangat menggalang dana dengan menerbitkan surat utang, baik obligasi maupun sukuk, di Bursa Efek Indonesia.

Direktur Investment Banking Danareksa Sekuritas Boumedine Sihombing menunjukkan emisi obligasi sudah marak lagi sejak Juli 2020 setelah sempat tertekan sepanjang semester I/2020 akibat sentimen pandemi. Menariknya, kali ini kontribusi perusahaan non-BUMN mulai ramai yang masuk.

“Volume penerbitan obligasi mulai meningkat dan kontribusi issuer yang sebelumnya dari grup BUMN dengan rating AA ke atas, sekarang mulai masuk emiten dengan rating single A,” jelas Boumediene kepada Bisnis, Kamis (3/9/2020).

Berdasarkan data pipeline emisi Bursa Efek Indonesia per 31 Agustus 2020, terdapat 20 perusahaan yang akan menerbitkan 23 surat utang berupa obligasi maupun sukuk. Adapun, satu perusahaan dapat menerbitkan lebih dari satu emisi surat utang.

Lebih lanjut, Boumediene memaparkan bahwa kondisi perekonomian akan mengalami perbaikan pada kuartal III/2020 dan kuartal IV/2020.

Dengan prospek tersebut, bakal terbuka ruang yang dapat digunakan calon emiten untuk melakukan aksi korporasi mulai kuartal terakhir tahun ini.

“Dari sisi pipeline deal IPO, kami masih terus berkomunikasi dengan calon-calon emiten,” imbuh Boumediene.

MENGUMPULKAN MANDAT

Adapun, belakangan ini beberapa perusahaan sekuritas tampak mulai mengumpulkan mandat penjaminan pelaksana emisi efek saham dan obligasi yang akan dieksekusi tahun ini dan tahun depan.

Beberapa perusahaan yang telah mengantongi mandat misalnya Mandiri Sekuritas, Panin Sekuritas, dan Victoria Sekuritas.

Selain Mandiri Sekuritas yang akan mengeksekusi proyek penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) tahun depan karena nilai emisi di atas Rp1 triliun, Panin Sekuritas dan Victoria Sekuritas akan memboyong emiten baru ke lantai bursa pekan depan.

“Memang [mandat] untuk IPO saham meningkat. [Tapi] itu semuanya untuk 2021,” kata Direktur Utama Mandiri Sekuritas Dannif Danusaputro.

Victoria Sekuritas akan membawa PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk. dengan potensi penggalangan dana senilai Rp48 miliar pada 7 September 2020.

Sehari setelahnya, giliran PT Puri Global Sukses Tbk. yang akan mencatatkan sahamnya di BEI dengan Panin Sekuritas sebagai underwriter dengan potensi dana yang dihimpun Rp34 miliar pada 8 September 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper