Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IPO Pekan Depan, Saham Distributor Sirup Monin Oversubscribe 1,26 Kali

Calon emiten yang mendapatkan kode saham KMDS ini akan melantai di Bursa Efek Indonesia lewat penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) pada 7 September 2020.
Kegiatan operasional PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk. (KMDS). Istimewa
Kegiatan operasional PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk. (KMDS). Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Saham calon emiten PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk. mengalami kelebihan permintaan (oversubscribe) hingga 1,26 kali dari total penawaran.

Rencananya, calon emiten yang mendapatkan kode saham KMDS ini akan melantai di Bursa Efek Indonesia lewat penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) pada 7 September 2020. Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek PT Victoria Sekuritas.

Direktur Victoria Sekuritas Wisnu Widodo menyampaikan berdasarkan laporan penjatahan yang diterbitkan Biro Administrasi Efek (BAE) terjadi oversubscribe terhadap pesanan saham KMDS sebanyak 1,26 kali dari total penawran atau 26,70 kali dari porsi pooling.

“Saya yakin terhadap prospek usaha perseroan ke depan, mengingat bisnis perseroan memiliki market share yang berpotensi bertumbuh dengan dukungan permintaan konsumsi masyarakat kelas menengah,” kata Wisnu, Rabu (2/9/2020).

Dalam IPO ini, perusahaan distributor sirup Monin ini akan melepas saham biasa sebanyak 160 juta saham dengan nilai nominal Rp100 per saham.

Porsi tersebut mewakili 20 persen dari seluruh total modal disetor penuh setelah IPO.

Harga penawaran ditetapkan senilai Rp300 per saham, sehingga perseroan akan meraup dana total senilai Rp48 miliar.

Bersamaan dengan IPO tersebut, perseroan juga mengadakan Program Employee Stock Allocation (ESA) dengan mengalokasikan saham sebanyak 3,2 juta saham atau sebesar 2 persen dari jumlah saham yang ditawarkan. 

Direktur Utama Kurniamitra Duta Sentosa Hengky Wijaya menyampaikan dana yang dihimpun dalam IPO setelah dikurangi biaya emisi akan digunakan untuk modal kerja seperti pembelian barang dagangan serta memperluas jaringan pemasaran dan pendistribusian di seluruh Indonesia.

“Setelah hampir 20 tahun menjalankan bisnis di bidang food services, perseroan mencatatkan dan menawarkan sahamnya untuk bertransformasi dan melanjutkan pertumbuhannya di industri kuliner Tanah Air dengan menciptakan pertumbuhan dan sinergi yang berkelanjutan serta memiliki tata kelola yang lebih baik dan profesional dalam menjalankan kegiatan usahanya,” kata Hengky.

PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk. berdiri pada 2000 bergerak dan fokus di bidang food services dengan distribusi produk ke seluruh wilayah Indonesia. 

Perseroan merupakan salah satu penyedia one stop solution di Indonesia untuk makanan dan minuman premium dan mendistribusikan produk bermerek terkemuka.

KMDS menjadi distributor eksklusif produk flavours syrup & puree MONIN®, susu MILKLABTM yang berasal dari Australia, powder premix KAVTM dari AS, kopi LavazzaTM dari Italia, produk bubble tea PossmeiTM dari Taiwan, kopi Santino® dari Singapura, dan produk lokal Boba KingTM di Indonesia. 

Selain produk makanan dan minuman, perseroan juga menjadi distributor peralatan pendukung konsumsi makanan dan minuman seperti mesin kopi Expobar dan Faema, dispenser minuman dingin, professional blender JTC dari Taiwan, alat pembuat waffle dan bahan pendukung minuman lain-lainnya. 

Pangsa pasar produk perseroan mencakup hotel, restoran, gerai kopi lokal, jaringan gerai kopi internasional, pasar modern premium, dan peritel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper