Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rupiah Diprediksi Terus Menguat Selama September 2020

Fokus utama pelaku pasar pada perdagangan September 2020 akan tertuju pada perkembangan perundingan dagang antara AS dan China serta vaksin Covid-19.
Karyawan menunjukan uang dolar Amerika Serikat (AS) dan Rupiah di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta, Rabu (22/7/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan menunjukan uang dolar Amerika Serikat (AS) dan Rupiah di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta, Rabu (22/7/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Nilai tukar rupiah berhasil ditutup di zona hijau selama perdagangan Agustus 2020. Potensi penguatan diperkirakan berlanjut pada September 2020.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah menutup hari perdagangan terakhir Agustus, Senin (31/8/2020), di posisi Rp14.563 per dolar AS, terapresiasi 0,47 persen atau 70 poin.

Nilai tukar rupiah berhasil bergerak menguat 0,25 persen terhadap dolar AS sepanjang Agustus 2020, kendati sempat turun ke level Rp14.845 per dolar AS pada pertengahan bulan.

Kinerja itu menjadi penguatan pertama rupiah di bulan Agustus sejak 2003. Pasalnya, secara historikal, rupiah selalu terkoreksi selama Agustus seiring dengan kebutuhan dolar AS yang meningkat untuk pembayaran dividen.

Kendati demikian, di antara mata uang negara berkembang di Asia lainnya, rupiah menjadi mata uang dengan kinerja terburuk ketiga tepat di atas rupee yang hanya menguat 0,003 persen, dan dolar Taiwan yang terkoreksi 0,099 persen.

Kepala Riset Kawasan Asia di Australia & New Zealand Banking Group Ltd. Singapura Khoon Goh mengatakan rupiah berhasil menyesuaikan pelemahan musiman selama paruh pertama Agustus dan berbalik menguat di akhir bulan ini  berkat pelemahan dolar AS yang cukup signifikan.

Pelemahan dolar AS itu dipicu pidato bernada dovish dari Ketua The Fed, Jerome Powell, yang memberikan sinyal untuk mempertahankan suku bunga di tingkat yang rendah dalam jangka waktu yang lama.

“Rupiah mungkin dapat memperpanjang kenaikan dalam beberapa bulan mendatang tetapi masih menghadapi banyak hambatan. Arus keluar asing yang dipicu oleh pandemi Covid-19 telah melambat, tetapi belum diganti dengan arus masuk yang signifikan,” ujar Goh seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (31/8/2020).

Kendati demikian, masih terdapat kekhawatiran pasar tentang rencana monetisasi utang bank sentral, sehingga pihaknya memangkas perkiraan akhir tahun untuk rupiah menjadi Rp14.300 per dolar AS dari estimasi sebelumnya Rp13.950 per dolar AS.

Sementara itu,Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan bahwa fokus utama pasar pada perdagangan September akan tertuju pada perkembangan perundingan dagang antara AS dan China serta vaksin Covid-19.

Pasalnya, data-data ekonomi dalam negeri diprediksi masih akan mendukung rupiah untuk bergerak menguat. Neraca dagang diprediksi masih akan surplus, sedangkan suku bunga acuan oleh Bank Indonesia juga diyakini masih di tingkat rendah sehingga menjadi katalis positif bagi nilai tukar.

“Sepanjang September rupiah diprediksi masih bergerak di kisaran tipis antara Rp14.500 per dolar AS hingga Rp14.700. Sentimen negatif dan positif masih akan tarik-menarik dengan dua fokus utama pasar perkembangan Covid-19 di dalam negeri dan perundingan dagang,” ujar Josua saat dihubungi Bisnis, Senin (31/8/2020).

Dia menjelaskan pasar berharap dengan banyaknya stimulus yang digelontorkan oleh pemerintah dan Bank Indonesia serta harapan stimulus pemulihan ekonomi nasional (PEN) dapat memiliki progres lebih cepat bisa menjadi sinyal positif untuk membatasi pelemahan rupiah tidak menembus ke atas Rp14.700 per dolar AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Finna U. Ulfah
Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper