Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trump Percepat Pengadaan Vaksin, Bursa AS Cetak Rekor Tertinggi

S&P 500 mencetak rekor tertinggi sepanjang masa seiring meningkatnya optimisme bahwa virus tidak akan menghambat pertumbuhan.
Pedagang bekerja di lantai bursa New York Stock Exchange./ Michael Nagle - Bloomberg
Pedagang bekerja di lantai bursa New York Stock Exchange./ Michael Nagle - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Saham AS naik ke rekor tertinggi di tengah tanda-tanda bahwa pemerintahan Trump dapat mempercepat vaksin dan perawatan untuk virus corona.

Pada penutupan perdagangan Senin (24/8/2020), Dow Jones naik 1,35 persen menjadi 28.308,46, S&P 500 Index naik 1 persen ke 3.431,28, dan Nasdaq Composite Index menanjak 0,6 persen menuju 11.379,72.

Mengutip Bloomberg, S&P 500 mencetak rekor tertinggi sepanjang masa seiring meningkatnya optimisme bahwa virus tidak akan menghambat pertumbuhan. Nasdaq Composite juga menutup rekor untuk sesi kedua berturut-turut.

Perusahaan yang mendapat keuntungan dari pemulihan ekonomi yang lebih kuat memimpin kenaikan. Carnival Corp. dan United Airlines Holdings Inc. melonjak lebih dari 9%, sementara Kohl's Corp. dan Gap Inc. melonjak setidaknya 7%.

Perusahaan kasino, pembuat mobil, dan pembangun rumah bergabung dalam reli tersebut. Dari 11 sektor industri S&P, hanya perawatan kesehatan yang berakhir lebih rendah.

“Pasar sekarang bekerja dengan baik, mengharapkan vaksin, beberapa pengobatan terapeutik penting juga, mungkin bantuan pemerintah yang berkelanjutan, dan orang-orang akan kembali bekerja dan anak-anak kembali ke sekolah,” kata David Rainey, manajer portofolio Hennessy Focus Fund.

Sentimen pasar didukung oleh berita akhir pekan lalu bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan AS bekerja untuk memperluas akses ke perawatan virus yang melibatkan plasma darah dari pasien yang pulih.

Secara terpisah, Financial Times melaporkan bahwa pemerintahan Trump sedang mempertimbangkan apakah akan melewati standar peraturan untuk mempercepat vaksin eksperimental.

Saham Asia mendapat dorongan setelah laporan bahwa pejabat Gedung Putih telah meyakinkan bisnis Amerika bahwa larangan pada aplikasi WeChat-nya tidak akan seluas yang dikhawatirkan. Pemilik WeChat Tencent Holdings Ltd. melonjak tertinggi dalam sebulan, memperoleh US$37 miliar.

Investor minggu ini akan fokus pada Simposium Kebijakan Ekonomi tahunan Federal Reserve - biasanya diadakan di Jackson Hole, Wyoming.

Ketua Jerome Powell dijadwalkan untuk berbicara pada hari Kamis tentang tinjauan kerangka kebijakan moneter yang telah lama ditunggu-tunggu oleh Fed, yang telah berfokus pada strategi inflasi baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper