Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

IHSG Meluncur di Zona Hijau, Saham Grup MNC Pimpin Penguatan

Di awal perdagangan, IHSG langsung menguat 0,54 persen ke posisi 5.261. Sebanyak 175 saham menguat, 44 saham melemah, dan 110 saham lainnya stagnan.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 13 Agustus 2020  |  09:09 WIB
Pengunjung memotret papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pengunjung memotret papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) langsung masuk jalur hijau pada awal perdagangan hari ini.

Berdasarkan data Bloomberg, IHSG menguat 0,54 persen ke posisi 5.261. Sebanyak 175 saham menguat, 44 saham melemah, dan 110 saham lainnya stagnan.

Saham Grup MNC yaitu PT Global Mediacom Tbk. (BMTR) menjadi top gainer pada awal perdagangan dengan penguatan 8,33 persen.

Selanjutnya, saham PT Medco Energi International Tbk. (MEDC) menyusul penguatan sebesar 3,70 persen dan PT Elnusa Tbk. (ELSA) sebesar 3,31 persen.

Analis Samuel Sekuritas William Mamudi menyampaikan IHSG bakal mampu melanjutkan tren penguatan dari resistance 5.100 didorong oleh saham-saham perbankan.

“Perhatikan volatilitas pasar yang belum stabil dalam rangka musim laporan keuangan kuartal II/2020,” tulis William melalui riset harian, Kamis (13/8/2020).

Dari regional, indeks bursa Asia juga terpantau menguat pada awal perdaangan seperti indeks Topix Jepang menguat 0,8 persen dan Indeks Kospi Korea Selatan naik sebesar 0,8 persen.

Pada perdagangan hari ini, investor masih terus memantau perkembangan kabar paket stimulus fiskal yang akan dikucurkan oleh Amerika Serikat. Di sisi lain, bank sentral AS, The Federal Reserve, menekankan pentingnya melindungi pemulihan ekonomi dunia yang masih seumur jagung.

"Pendorong kenaikan pasar selama beberapa waktu belakangan adalah momentum yang baik. Pelaku pasar amat yakin terhadap perkembangan positif dari pengembangan vaksin virus corona dan adanya kucuran stimulus fiskal untuk menopang ekonomi melalui periode sulit," jelas Portfolio Manager Washington Crossing, Kevin Caron.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG Indeks BEI
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top