Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Lusin Reksa Dana Kresna AM Disuspensi OJK, Bagaimana Kinerjanya?

Nilai aktiva bersih (NAB) seluruh reksa dana milik Kresna Asset Management yang saat ini tidak bisa dilakukan pembelian mencapai Rp2,49 triliun.
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis/Himawan L Nugraha
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerapkan suspensi atas 24 produk reksa dana besutan PT Kresna Asset Management (KAM). Pihak manajer investasi mengklaim telah  tidak ada peraturan yang dilanggar dan tidak ada aduan dari nasabah terkait produk reksa dana yang dikelola.

Kemarin, dalam cara hari ulang tahun ke-43 pasar modal, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen mengatakan suspensi merupakan bagian pembinaan dan pengawasan yang dilakukan OJK. Hoesen tidak menyebut secara rinci alasan suspensi tersebut. 

“Saya tidak bicara individual, ini bagian pembinaan dan pengawasan yang dilakukan OJK terkait dengan aspek-aspek di dalam market conduct. Ini yang memang kita belum bisa sharing hari ini terkait yang dilakukan,” paparnya, Senin (10/8/2020).

Di lain pihak, Kresna Asset Management menegaskan tidak terdapat pelanggaran peraturan pengelolaan seiring dengan suspensi 24 produk reksa dana perseroan OJK. Selain itu sampai dengan sebelum 5 Agustus 2020, perseroan tidak pernah mendapat teguran ataupun menerima pemberitahuan dari OJK.

“Adapun, hingga saat ini, perseroan senantiasa menjalankan dengan baik amanah nasabah dalam mengelola produk Reksa Dana tersebut dan tidak pernah mendapat keluhan/pengaduan dari nasabah pemegang unit penyertaan 24 Reksa Dana dimaksud,” tulis Manajemen Kresna AM dalam keterangan resminya, Senin (10/8/2020).

Lantas bagaimana kinerja reksa dana yang dikelola oleh Kresna Asset Management ?

Berdasarkan data OJK, per Juli 2020 nilai aktiva bersih (NAB) seluruh reksa dana milik Kresna Asset Management yang saat ini tidak bisa dilakukan pembelian mencapai Rp2,49 triliun.

Sementara itu, dilansir dari laman resmi Kresna, ada lima fund fact sheet per Juli 2020 yang dipublikasikan oleh perseroan. Kelima produk itu yakni MRS Cash Kresna, MRS Bond Kresa, Kresna Indeks 45, Kresna Flexima, dan Kresna Prima. 

Kinerja kelima produk tersebut beragam. Sebanyak 2 produk mencatat kenaikan secara tahunan per Juli 2020 sedangkan 3 lainnya turun. Adapuns sejak produk diterbitkan, empat produk mencatat kenaikan cukup pesat berkisar 34,26 persen hingga 264,77 persen.

Reksa Dana Kresna Indeks 45 tercatat sebagai produk dengan dana kelolaan terbesar, yakni Rp201,30 miliar. Produk ini menempatkan dana di saham-saham dengan kapitalisasi besar, antara lain, Astra International Tbk, Bank Central Asia Tbk, dan Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.

 Berikut kinerja 5 produk reksa dana Kresna Asset Management per Juli 2020.

Kinerja 5 Reksa Dana Besutan Kresna Asset Management
Nama ProdukJenis Reksa danaNAB (Rp miliar)Kinerja per Juli yoyKinerja sejak diterbitkan

MRS Cash Kresna

Pasar Uang

10,04

6,10%

34,26%

RD MRS Bond Kresna

Pendapatan Tetap

18

8.61%

184,65%

RD Kresna Indeks 45

Indeks 

201,30

-20,20%

264,77%

RD Kresna Flexima

Campuran

56

-19,87%

181,81%

RD Saham Kresna Prima

Saham

8,26

-10.06%

-16,43%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper