Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kabar Pasar: Jatuh Bangun Pasar Modal, Fitch Ratings Ganjar Bukopin dengan AA-

Hari ini, genap 43 tahun aktivitas perdagangan saham di pasar modal Indonesia. Berbagai tantangan dan krisis sudah dilalui sejak reaktivasi pasar modal pada 1977 mulai krisis moneter 1998, krisis keuangan global pada 2018, gejolak ekonomi pada 2015, dan terakhir krisis Covid-19.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 10 Agustus 2020  |  07:40 WIB
Pengunjung memotret papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Pengunjung memotret papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA -- Berita tentang kinerja pasar modal Indonesia selama 43 tahun terakhir, termasuk saat menghadapi situasi krisis, menjadi sorotan harian Bisnis Indonesia edisi Senin (10/8/2020).

Berikut beberapa rincian isu-isu terkini seputar perekonomian Indonesia:

Jatuh Bangun Pasar Modal. Hari ini, genap 43 tahun aktivitas perdagangan saham di pasar modal Indonesia. Berbagai tantangan dan krisis sudah dilalui sejak reaktivasi pasar modal pada 1977. Sebut saja krisis moneter 1998, krisis keuangan global pada 2018, gejolak ekonomi pada 2015, dan terakhir krisis Covid-19.

Perkuat Terus Trust Investor. Posisi cadangan devisa Indonesia mencapai level tertinggi sepanjang sejarah pada Juli 2020 yang
dipengaruhi oleh sentimen positif investor di pasar global.

Fitch Ratings Ganjar Bukopin dengan AA-. Fitch Ratings Indonesia menaikkan peringkat nasional jangka panjang Bank Bukopin menjadi
AA-(idn) pada Juli 2020, dan menempatkan perusahaan ke dalam Rating Watch Positif setelah KB Kookmin Bank resmi menjadi pemegang saham terbanyak.

Arus Balik Industri APD. Ibarat melewati terowongan yang gelap, pelaku industri alat pelindung diri dan masker medis mulai melihat cahaya. Setelah berkutat 4 bulan mencari kepastian usaha, kini pemerintah berkomitmen mendorong ekspor industri alat kesehatan.

Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional, OJK Optimalkan Sinergi Kebijakan. Bulan Juli pertumbuhan kredit meningkat dibandingkan Juni yang merupakan titik terendah. OJK meyakini dengan penempatan dana pemerintah di Bank Himbara yang di leverage 3 kali melalui penyaluran kredit dapat mendorong pertumbuhan kredit lebih tinggi.

Pemda Dipacu Tuntaskan Anggaran. Kementerian Dalam Negeri mendorong pemerintah daerah segera mencairkan anggaran pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak 2020. Tidak kurang dari 12 daerah yang proses pencairan anggarannya kurang dari 50%.

Bali Gencarkan Kampanye Wisata. Pelaku industri pariwisata di Bali mulai menggulirkan gerakan Save Travel Campaign untuk memulihkan kembali geliat pariwisata di Pulau Dewata dengan jaminan kenyamanan, kesehatan, dan keamanan bagi pengunjung.

6 Maskapai Mulai Tancap Gas. Sedikitnya enam maskapai reguler mulai meningkatkan intensitas penerbangan berjadwal dari Jakarta ke sejumlah daerah seiring dengan mulai diterapkannya adaptasi kebiasaan baru.

3 Ruas Tol Ditarget Tuntas 2020. PT Hutama Karya menargetkan tiga ruas jalan tol di Pulau Sumatra tuntas dikerjakan pada tahun ini.

Penyaluran Kredit Lebih Leluasa. Penyaluran kredit perbankan dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bakal lebih leluasa sejalan dengan dirilisnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 104/PMK.05/2020 tentang Penempatan Dana dalam Rangka Pelaksanaan Program PEN.

Struktur Kian Rapuh. Pandemi virus membuat perdagangan global menurun tajam, harga komoditas melemah, dan kondisi pembiayaan eksternal mengetat. Akibatnya, defi sit dan surplus transaksi berjalan global yang sudah di bawah 3% produk domestik bruto (PDB) dunia pada 2019, bisa menyempit lebih jauh tahun ini.

Asa untuk Pengusaha Toserba. Bisnis ritel modern segmen toserba atau department store masih memiliki setitik asa untuk bisa kembali
bergairah pada sisa tahun ini, setelah kinerja penjualannya ‘berdarah-darah’ sepanjang semester I/2020.

Pemenang Tender Perlu ‘PDKT’ ke Berca. Pemenang lelang frekuensi radio 2300 MHz diyakini tidak akan mendapatkan manfaat penambahan lebar pita (bandwith) yang optimal kecuali melakukan pendekatan negosiasi dengan penghuni spektrum tersebut saat ini, yaitu PT Berca Hardayaperkasa.

Internet Merata Masuk Desa, Kapan? Permintaan Presiden Joko Widodo untuk pembangunan menara pemancar atau base transceiver station (BTS) 4G di 12.548 desa/kelurahan bakal sulit terealisasi tahun ini. Jarak yang jauh dan data yang perlu divalidasi menjadi penyebabnya.

Kembalikan Keyakinan Publik. Keputusan pemerintah menerbitkan Instruksi Presiden terkait dengan penerapan protokol kesehatan tidak akan
membebani masyarakat. Satu sisi, aturan itu harus benar-benar mampu memulihkan kepercayaan masyarakat untuk kembali beraktivitas dan menggerakkan ekonomi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top