Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos Sarana Menara Nusantara (TOWR) Angkat Bicara Soal Transaksi Jumbo

Kemarin, BEI mencatat ada transaksi jumbo atas saham PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR). Hari ini, total net foreign sell saham TOWR di seluruh papan perdagangan mencapai Rp1,31 triliun.
Teknisi memasang prangkat base transceiver station (BTS) disalah satu tower di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/3/2020).
Teknisi memasang prangkat base transceiver station (BTS) disalah satu tower di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/3/2020).

Bisnis.com,JAKARTA — Pergerakan harga saham PT Sarana Menara Nusantara Tbk. mencuri perhatian dalam dua sesi perdagangan terakhir dengan mencatatkan nilai transaksi jumbo.

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat ada transaksi saham berkode TOWR di pasar negosiasi senilai Rp1,77 triliun atau sebanyak 1,53 miliar lembar saham pada Kamis (6/8/2020). Di pasar negosiasi, TOWR diperdagangkan dengan kisaran Rp990—Rp2.519.

TOWR menjadi saham yang diperdagangkan dengan jumlah terbanyak di seluruh papan perdagangan sebanyak 1,80 miliar lembar pada Kamis (6/8/2020). Total nilai transaksi saham juga menjadi yang tertinggi senilai Rp2,09 triliun atau setara dengan 27,8 persen dari total nilai transaksi pasar negosiasi, tunai, dan reguler Rp11,09 triliun.

Dalam sesi perdagangan Jumat (7/8/2020), emiten menara telekomunikasi itu kembali jadi sorotan. Total net foreign sell saham TOWR di seluruh papan perdagangan mencapai Rp1,31 triliun.

Adapun, BEI mencatat investor asing mencetak net sell di seluruh papan perdagangan senilai Rp1,33 triliun sepanjang sesi Jumat (7/8/2020). TOWR menempati daftar top trading value dengan nilai transaksi Rp3,17 triliun.

Wakil Direktur Utama Sarana Menara Nusantara Adam Ghifari mengatakan tidak informasi yang perlu disampaikan oleh perseroan. TOWR baru saja menyampaikan laporan kinerja kuartal II/2020 sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Selain itu, sebagaimana telah pula kami sampaikan pada keterbukaan, anak perusahaan kami, yaitu PT Protelindo, telah memperoleh praefektif atas rencana penawaran umum berkelanjutan Obligasi II Protelindo dan saat ini sedang dalam proses bookbuilding,” ujarnya kepada Bisnis, Jumat (7/8/2020).

Data Bloomberg menunjukkan transaksi saham TOWR dilakukan oleh PT J.P. Morgan Sekuritas Indonesia dengan total nilai Rp4,06 triliun pada perdagangan Jumat (7/8/2020). J.P Morgan Sekuritas Indonesia tercatat melakukan transaksi pembelian Rp1,56 triliun dan penjualan Rp2,49 triliun.

Dengan demikian, transaksi J.P. Morgan Sekuritas Indonesia tercatat net sell Rp931,18 miliar sesi Jumat (7/8/2020).

Catatan Bloomberg mengenai kepemilikan saham TOWR yakni sebanyak 26,38 miliar lembar dimiliki oleh PT Sapta Adhikari Investama pada akhir kuartal II/2020. Pemegang saham dengan jumlah terbesar lainnya yakni T Rowe Price Group Inc sebanyak 3,51 miliar lembar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper