Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rilis Laporan Keuangan Emiten Bikin Bursa Eropa Keok dari Pagi

Laporan keuangan emiten menjadi risiko tersendiri di pasar modal ketika investor terlalu bereaksi terhadap berita positif.
Bursa Efek Madrid, Spanyol./ Angel Navarrete - Bloomberg
Bursa Efek Madrid, Spanyol./ Angel Navarrete - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA — Bursa Eropa merunduk pada awal perdagangan hari ini, Kamis (6/8/2020), tertekan oleh rilis laporan keuangan emiten kuartal II/2020 yang kurang baik.

Berdasarkan data Bloomberg pada pukul 15.44 WIB, indeks Stoxx Europe 600 turun 0,3 persen pada awal perdagangan. Pada pukul 16.55, indeks Stoxx terpantau melemah 0,48 persen atau 1,77 poin ke level 363,49.

Saham Glencore Plc. memimpin pelemahan di indeks FTSE 100 setelah perseroan memutuskan untuk tidak bagikan dividen tahun ini. 

Selanjutnya saham ITV Plc. tertekan karena perseroan tidak akan menyediakan prospek bisnis hingga akhir tahun. Adapun, pandemi Covid-19 membuat penjualan iklan ITV Plc. turun ke level terburuknya.

Dari Jerman, saham Adidas AG melaju seiring dengan laporan penjualan yang mulai naik padahal beberapa tokonya di beberapa negara sempat ditutup.

Global Market Strategist JPMorgan Asset Management di Melbourne Kerry Craig menyampaikan terdapat beberapa risiko di pasar ketika investor terlalu bereaksi terhadap berita positif terkait dengan stimulus fiskal, yaitu laporan keuangan emiten yang tertekan.

“Ada penyebab pasar turun, di AS khususnya, ketika investor mengambil jeda ketimbang melanjutkan reli belakangan ini,” kata Craig seperti dikutip Bloomberg, Kamis (6/8/2020).

Adapun investor mendorong penguatan saham secara global sejak awal pekan ini merespons pembicaraan mengenai stimulus fiskal di AS dalam menghadapi pandemi.

Data-data ekonomi AS yang dirilis pada Juli pun beragam. Kenaikan tingkat upah telah anjlok pada Juli yang menandakan virus Covid-19 telah menekan pasar tenaga kerja di sana.

Di sisi lain, industri jasa di Negeri Paman Sam berekspansi dalam laju tercepat sejak Februari 2019. Kali ini, fokus investor akan mengarah ke data pengangguran AS yang akan dirilis pada hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper