Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perdagangan Akhir Pekan Fluktuatif, Bitcoin Sempat Tembus Level US$12.000

Bitcoin menguat hingga US$12.112 dalam perdagangan tepat setelah tengah malam waktu New York hari Minggu, lonjakan pertama di atas level US$ 12.000 sejak Agustus 2019.
Ilustrasi bitcoin./Reuters-Dado Ruvic
Ilustrasi bitcoin./Reuters-Dado Ruvic

Bisnis.com, JAKARTA – Bitcoin mengekor euforia penguatan harga emas yang mecapai level tertingginya. Kemarin, mata uang digital terbesar ini menyentuh level puncak tahun 2020.

Berdasarkan data Bloomberg, Bitcoin menguat hingga US$12.112 dalam perdagangan tepat setelah tengah malam waktu New York hari Minggu, lonjakan pertama di atas level US$ 12.000 sejak Agustus 2019.

Tetapi tak sampai 30 menit setelah menyentuh level tertinggi, cryptocurrency ini anjlok ke level US$10.638. Pada perdagangan Senin (3/8/2020), Bitcoin terpantau pada posisi US$11.217 pada pukul 14.12 WIB berdasarkan data Coindesk.

Analis teknikal Fundstrat Global Advisors LLC Rob Sluymer mengatakan Bitcoin telah menembus resisten pada US$10.000 - US$10.500, yang bertepatan dengan garis tren turun dari level tertinggi akhir 2017 dan tertinggi pada kuartal I/2020. Level mengonfirmasi tren penguatan baru.

"Dalam indikator momentum harian Bitcoin jangka pendek posisi saat ini masih overbought, tetapi telah melalui fase perdagangan fluktuatif jangka pendek, Bitcoin kemungkinan akan terus menuju level resistensi berikutnya di US$13.800," ungkapnya, seperti dikutip Bloomberg.

Bitcoin telah menguat tajam dalam beberapa hari terakhir setelah naik di atas US$10.000. aset digital ini telah jatuh hingga US$4.904 pada pertengahan Maret menyusul puncak ketidakpastian pasar yang didorong olehv virus corona, tetapi pada pertengahan Mei kembali ke kisaran level US$9.000.

Sementara volatilitas cryptocurrency terus memicu skeptisme pasar, JPMorgan Chase & Co. pada Juni mencatat bahwa penguatan Bitcoin dari level terendah bulan Maret menunjukkan bahwa aset digital ini tetap kuat.

Pergrakan cryptocurrency pada akhir pekan lalu mengingatkan pada yang sama pada tahun 2019, ketika terjadi penguatan tajham beberapa kali selama perdagangan akhir pekan. Saat itu, Bitcoin sempat melonjak ribu dolar ke kisaran level US$10.000.

Cryptocurrency lain juga mengekor penguatan Bitcoin. Bloomberg Galaxy Crypto Index naik 6 persen ke level US$532,64. Sementara itu, Ethereum menguat 2,3 persen ke level US$381,95.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper