Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Paruh Pertama 2020, Laba Sentral Mitra Informatika (LUCK) Naik 13,5%

PT Sentral Mitra Informatika Tbk. (LUCK) mencetak laba bersih Rp4,2 milliar pada semester I 2020 atau naik 13,5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp3,7 milliar.
Jajaran komisaris dan direksi PT Sentral Mitra Informatika Tbk berpose usai pencatatan saham perdana perseroan di Bursa Efek Indonesia (BEI), 28 November 2018./sentral.co.id
Jajaran komisaris dan direksi PT Sentral Mitra Informatika Tbk berpose usai pencatatan saham perdana perseroan di Bursa Efek Indonesia (BEI), 28 November 2018./sentral.co.id

Bisnis.com, JAKARTA –  PT Sentral Mitra Informatika Tbk. (LUCK) mencetak laba bersih Rp4,2 milliar pada semester I 2020 atau naik 13,5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp3,7 milliar.

Direktur sekaligus Corporate LUCK Teddy Pohan menjelaskan perseroan membukukan pertumbuhan pendapatan sebesar 30% dari Rp48,3 miliar menjadi Rp62,8 milliar pada paruh pertama tahun ini.

Tidak hanya itu, lanjutnya, arus kas dari operasional perusahaan dalam kondisi positif. “Perseroan mampu membiayai operasional tanpa harus mendapatkan utang dari pihak ketiga. Current ratio berada pada posisi 400% sehingga perseroan sangat likuid dan prudent dalam mengelola keuangan,” ujar Teddy dalam pengumuman resminya, Rabu (29/7/2020).

Meskipun baru IPO November 2018 lalu, perseroan telah membagikan dividen pada tahun buku fiskal yang pertama sejak IPO, yakni sebesar Rp5 per lembar saham.

Oleh karena itu, perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan, perindustrian, percetakan dan jasa ini termasuk 1 dari 15 emiten yang membagikan dividen dari sekitar 112 emiten yang IPO pada kurun 2018-2019.

Dia mengungkapkan pada saat IPO November 2018, ekuitas perseroan sebesar Rp 72,59 miliar. Posisi per Juni 2020, setelah pembagian dividen, kekayaan bersih pemegang saham meningkat 1,85 kali, dalam kurun waktu 2 tahun meningkat menjadi Rp.134,6 miliar.

Peningkatan kinerja perseroan tersebut dinilai tidak lepas dari peran strategi otomasi dan efisiensi sistem operasi yang dilakukan sepanjang tahun ini.

“Perseroan senantiasa selalu menjaga prinsip-prinsip good corporate governance (GCG) baik transparency, accountability, responsibility, independency, dan fairness. Kinerja keuangan semester pertama tahun 2020 juga menunjukkan bahwa perseroan dalam kondisi sehat dengan likuiditas yang terjaga sehingga dapat mempertahankan going concern perseroan,” kata Teddy.

Dia mengatakan perseroan optimistis terhadap prospek kinerja perseroan pada sisa tahun ini. Hal ini terlihat dari kinerja penjualan dan laba bersih yang sudah didapat sampai semester pertama ini yang meningkat.

“Perseroan akan melakukan continuous improvement melalui otomasi dan efisiensi sistem operasi dalam beradaptasi dengan lingkungan bisnis pada masa pandemi covid-19 saat ini, sehingga setelah pandemi wabah ini berakhir, kinerja Perseroan akan menjadi lebih baik,” ucapnya.

PT Sentral Mitra Informatika Tbk. (LUCK) didirikan dan mulai beroperasi pada 2008. Perseroan bergerak di bidang teknologi informasi dan jasa solusi management. Perseroan yang berafiliasi dengan Serial System Pte Ltd itu tercatat dalam Bursa Efek Indonesia pada November 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper