Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rejuve Global Investment Jadi Pengendali Baru Pyridam Farma (PYFA)

Sejak awal tahun, saham Pyridam Farma (PYFA) melesat lebih dari 400 persen. Belakangan diketahui pemegang saham pengendali telah beralih tangan.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 22 Juli 2020  |  23:50 WIB
Pabrik Pyridam Farma di Cianjur. - pyridam.com
Pabrik Pyridam Farma di Cianjur. - pyridam.com

Bisnis.com,JAKARTA— PT Pyridam Internasional mengalihkan statusnya sebagai pengendali PT Pyridam Farma Tbk. kepada Rejuve Global Investment Pte Ltd. Pengalihan ini disertai dengan transaksi saham sebesar Rp222,14 miliar pada Senin (20/7/2020) lalu.

Sekretaris Perusahaan Pyridam Farma Ryan Arvin Sutikno melaporkan Pyridam Internasional (PYI), Rejuve Global Investment (RGI), dan PT Starindo Kencana Sejahtera (SKS) telah menyelesaikan transaksi atau closing jual beli saham di Pyridam Farma (PYFA).

PYI mengalihkan 288,11 juta saham atau 53,85 persen kepemilikan di PYFA kepada RGI dan SKS. Secara detail, 47,61 persen dialihkan PYI kepada RGI dan 6,24 persen kepada SKS.

“Atas pelaksanaan transaksi tersebut, RGI menjadi pemegang saham pengendali baru perseroan,” ujarnya melalui keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (22/7/2020).

Ryan mengatakan tidak terdapat hubungan afiliasi antara PYI dan RGI. Kejadian itu kemungkinan dapat menimbulkan perubahan strategi dan kebijakan perseroan.

“[Perubahan] sebagai akibat dari perubahan pengendalian dalam perseroan,” jelasnya.

Berdasarkan data Bloomberg, terjadi transaksi crossing saham PYFA itu pada sesi pertama Senin (20/7/2020). Pembelian dan penjualan dengan nilai yang sama tercatat dilakukan oleh Aldiracita Corpotama senilai Rp222,14 miliar.

Pada penutupan perdagangan hari ini, saham berkode PYFA naik 23 persen ke posisi 1.015. Lonjakan saham PYFA berbarengan dengan penguatan saham-saham farmasi, dipicu rencana uji coba vaksin Covid-19 oleh Bio Farma pada bulan depan. 

Sejak awal tahun, PYFA sempat beberapa kali membuat heboh bursa karena kenaikan saham yang tajam. Dalam periode tahun berjalan atau sejak awal Januari 2020, sahm PYFA sudah naik 412 persen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pyridam farma
Editor : Rivki Maulana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top